KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK REFRAMING DAN SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN BODY IMAGE SATISFACTION PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN ADIKSI SOSIAL MEDIA DI SMA


Ullma Shany Rusfa, 0106519004 (2023) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK REFRAMING DAN SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN BODY IMAGE SATISFACTION PADA SISWA DENGAN KECENDERUNGAN ADIKSI SOSIAL MEDIA DI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tesis] PDF (Tesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sosial media yang saat ini digemari oleh masyarakat terutama remaja yaitu instagram. Pengguna instagram banyak yang ingin menampilkan citra diri yang paling sempurna. Berdampak pada sosial, psikis, dan fisik, yang berkaitan dengan masalah body image, salah satunya yaitu body image dissatisfaction. Apabila body image satisfaction tidak tercapai mengakibatkan kecemasan, depresi, pengawasan tubuh dan kepercayaan diri rendah yang berdampak pada gangguan makan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi keefektifan konseling kelompok CBT teknik reframing dan self-talk terhadap body image satisfaction pada siswa dengan kecenderungan adiksi sosial media kelas X di SMA Teuku Umar Semarang. Metode penelitian ini yaitu eksperimen desain randomized pretest-posttest comparison group subjek penelitian 18 orang siswa dipilih dengan random assignment dengan kriteria BIS rendah dan adiksi sosial media tinggi. Ada 3 kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan pada masing-masing kelompok 6 siswa, yaitu konseling kelompok CBT teknik reframing, CBT teknik self-talk serta CBT teknik gabungan reframing dan self-talk. Penelitian ini menggunakan uji analisis data uji wilcoxon sign rank test, uji kruskal wallis, uji lanjut mann-whitney. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa kelompok A (Z: -2.201*, p<0.05) nilai mean M= 96.3, kelompok B (Z: -2.214*, p<0.05) nilai mean M= 98.5, kelompok C (Z: -2.201*, p<0.05) nilai mean M= 85.3. Selanjutnya uji Kruskal Wallis nilai pre-test (χ 2 (2): 3.273 (2), p<0.05) dan nilai post-test (χ 2 (2): 7.180(2), p<0.05) pada uji ini tidak dapat mengetahui kelompok intervensi mana yang paling tinggi atau unggul, sehingga uji lanjut dengan Mann-Whitney yaitu kelompok A-B (Z = -.080, p >0.05), kelompok A-C (Z = -2.005, p<0.05), kelompok B-C yaitu (Z = -2.571, p <0.05). Simpulan menunjukkan meningkatnya body image satisfaction pada kecenderungan adiksi sosial media. Hasil uji menyatakan ketiga intervensi tersebut efektif semua, namun terdapat perbedaan tingkat keefektifan intervensi CBT teknik reframing, CBT teknik self-talk serta CBT gabungan teknik reframing dan self-talk dalam meningkatkan body image satisfaction pada siswa dengan kecenderungan adiksi sosial media. Intervensi konseling kelompok CBT teknik self-talk lebih efektif dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, cognitive behaviortherapy, teknik reframing, teknik self-talk, adiksi sosial media, body image satisfaction (BIS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:38
Last Modified: 09 Jan 2024 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60935

Actions (login required)

View Item View Item