Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Berbasis Komputer untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Gaya.


Eli Trisnowati , 4201407041 (2011) Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Berbasis Komputer untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Gaya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Berbasis Komputer untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Gaya.]
Preview
PDF (Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Berbasis Komputer untuk Mengukur Struktur Kognitif Siswa pada Pokok Bahasan Gaya.) - Submitted Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Evaluasi menggunakan peta konsep kini mulai dikembangkan dan diadakan penelitian untuk membuat sistem peta konsep berbasis komputer untuk membantu siswa membuat peta konsep dengan lebih mudah. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Mendapatkan bentuk perangkat evaluasi berbentuk peta konsep berbasis komputer yang dapat digunakan untuk mengukur struktur kognitif siswa, (2) Menguji kelayakan perangkat evaluasi berbentuk peta konsep berbasis komputer, (3) Mengetahui validitas sistem penilaian peta konsep berbasis komputer, (4) Mengetahui efektivitas peta konsep berbasis komputer. Alat evaluasi peta konsep berbasis komputer adalah suatu tes yang meminta siswa membuat peta konsep untuk menggambarkan penjelasan materi pelajaran sesuai dengan pemahaman mereka dengan menggunakan suatu software yang telah ter-install pada sebuah perangkat komputer sehingga memudahkan dalam menginterpretasikan hasil pekerjaan siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode dokumentasi, check list, dan angket. Metode dokumentasi untuk memperoleh jumlah dan nama responden. Produk hasil pengembangan terdiri dari panduan membuat peta konsep, soal peta konsep gaya tipe terbuka (tanpa daftar konsep) beserta halaman kerjanya, soal peta konsep gaya yang sudah disediakan daftar konsep dan daftar label beserta halaman kerjanya, soal peta konsep gaya yang sudah disediakan peta konsep yang belum sempurna beserta halaman kerjanya, dan modul manual penggunaan media. Hasil analisis check list diperoleh persentase sebesar 86,7 %. Hal ini menunjukkan sebagian besar komponen yang diperlukan dalam sebuah media evaluasi terdapat pada evaluasi menggunakan peta konsep berbasis komputer ini. Hasil angket yang diberikan pada ahli, guru, dan siswa diperoleh hasil pada kriteria baik dan baik sekali. Hal ini menunjukkan bahwa dilihat dari kepuasan pengguna (user satisfaction), software evaluasi menggunakan peta konsep layak digunakan sebagai media evaluasi belajar. Korelasi nilai dari dua orang penilai (rater) dengan nilai pada komputer diperoleh nilai rxx= 0,986 dan rxx= 0,977. Hal ini menunjukkan hasil penilaian pada komputer dapat dikatakan valid. Hasil analisis data dari nilai tes peta konsep tertutup 1 dibandingkan dengan nilai tes uraian diperoleh nilai rxx= 0,66 sehingga dapat dikatakan bahwa evaluasi belajar menggunakan peta konsep berbasis komputer cukup efektif dibandingkan dengan tes uraian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, alat evaluasi, peta konsep berbasis komputer
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2011 08:27
Last Modified: 25 Apr 2015 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6093

Actions (login required)

View Item View Item