ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI BINAR ACADEMY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN
Erika Noor Dianti, 4612418033 (2023) ANALISIS KESUKSESAN APLIKASI BINAR ACADEMY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pengguna internet di Indonesia telah menunjukkan peningkatan yang pesat. Hal tersebut memberi isyarat bahwa perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin bertumbuh membawa banyak perubahan dalam kehidupan sehingga menuntut bidang industri pendidikan untuk berupaya terus meningkatkan kualitas pendidikan. Akan tetapi, pada awal tahun 2019 muncul pandemi COVID-19 yang mengharuskan seluruh siswa tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka. Karena masalah ini, perusahaan mulai menciptakan teknologi pembelajaran secara online dan memberikan dampak yang positif. Di mana pada tahun 2022 Binar Academy merupakan aplikasi pembelajaran yang menempati peringkat 9 aplikasi yang paling diminati. Namun dalam penggunaannya masih terdapat kendala. Berdasarkan uraian tersebut, penelitian ini akan menganalisis kesuksesan aplikasi menggunakan model Delone dan Mclean untuk mengetahui aplikasi sudah bisa dinilai sukses atau belum. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menyebar kuesioner secara online dengan jumlah responden sebanyak 240 yang merupakan peserta yang pernah menggunakan aplikasi Binar Academy dengan rentang usia 15 hingga 45 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pengolahan data menggunakan software Smart PLS versi 3 untuk uji inner model dan outer model. Hasil penelitian menunjukan, tingkat kesuksesan aplikasi Binar Academy sangat tinggi serta dari dua belas hipotesis terdapat delapan hipotesis yang diterima dan empat hipotesis yang ditolak. Faktor–faktor yang mendukung kesuksesan aplikasi Binar Academy dilihat dari hipotesis yang diterima. Sedangkan faktor yang menghambat kesuksesan aplikasi yaitu information quality, system quality, service quality, instructor quality terhadap user satisfaction. Dari faktor penghambat tersebut kemudian diberikan rekomendasi yang sesuai. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengembang dan penyedia aplikasi Binar Academy.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Model Delone dan Mclean, Binar Academy, Analisis Kesuksesan Aplikasi. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Komputer, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 09 Jan 2024 01:26 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 01:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60916 |
Actions (login required)
View Item |