ANALISIS KUALITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMAN 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG ANALISIS KUALITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMAN 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG


Ermina Putri Renggani, 3201416076 (2023) ANALISIS KUALITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMAN 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG ANALISIS KUALITAS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI IIS SMAN 1 SUMBER KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] HTML (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Maraknya penggunaan Learning Management System (LMS) akhir-akhir ini dipicu dengan adanya perubahan kondisi yang terjadi di bidang pendidikan. Hal ini dipengaruhi oleh dampak pandemi COVID-19 serta era revolusi 5.0 yang menuntut peran pendidik dalam memanfaatkan teknologi sebagai pranata pembelajaran. Fenomena ini didukung data BPS Kabupaten Rembang tahun 2019 yang menunjukkan jumlah pengguna handphone dan komputer pada jenjang SMP keatas sebesar 89,99%. SMAN 1 Sumber memperbolehkan siswanya mengakses informasi menggunakan smartphone, tablet dan laptop dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kualitas LMS Google Classroom sebagai media pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Geografi di Kelas XI IIS SMAN 1 Sumber Kab. Rembang, (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Sumber selama penggunaan LMS Google Classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Geografi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 1 Sumber yang berjumlah 125 siswa. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan sampel dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk penelitian. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 3 dengan pertimbangan siswa aktif, responsif dan hasil belajar Geografi tertinggi di jurusan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menggunakan deskriptif presentase menunjukkan kualitas LMS Google Classroom sebagai media pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Geografi SMAN 1 Sumber Kab. Rembang pada kategori tinggi sebesar 70%. Kendala yang dihadapi siswa selama penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Geografi dipengaruhi oleh empat faktor yaitu keamanan 36%, memori 29%, sinyal 19% dan lag 16%. Hal ini menunjukkan bahwa selain memiliki kualitas yang tinggi, Google Classroom juga masih mempunyai kekurangan yang dapat menghambat aktivitas pembelajaran. Masukan terhadap penggunaan Google Classroom sebagai media pembelajaran blended learning pada mata pelajaran Geografi meliputi civitas akademika dengan menambah jumlah ahli bobot penilaian agar obyektif, peneliti menggunakan lebih banyak jumlah variabel untuk menguji atau menambah alat ukur penelitian, sekolah mendukung terciptanya suasana kelas aktif serta guru mengembangkan tugas keterampilan tidak hanya kognitif dalam penggunaan Google Classroom.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, LMS, Google Classroom, Media Pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:16
Last Modified: 08 Jan 2024 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60906

Actions (login required)

View Item View Item