TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM “ZIARAH” KARYA B.W. PURBA NEGARA : KAJIAN PRAGMATIK


Nida Ul Husna Putri W., 2601418053 (2022) TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM “ZIARAH” KARYA B.W. PURBA NEGARA : KAJIAN PRAGMATIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

B.W. Purba Negara merupakan seorang sutradara, penulis naskah, dan produser Indonesia. Beliau memulai karir di dunia perfilman ini pada tahun 2008 dengan menyutradarai sebuah film pendek berjudul Cheng Cheng Po. Pada tahun 2016 beliau mulai menyutradarai sebuah film panjang yang berjudul Ziarah. Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan oleh peneliti, film Ziarah ini masih jarang digunakan sebagai objek penelitian. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk dan fungsi tindak tutur dalam film Ziarah. Dialog antar tokoh yang terdapat dalam film Ziarah akan dikaji menurut kategori bentuk dan fungsi tindak tutur direktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata. Pendekatan teoretis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Penelitian ini berfokus pada aspek tindak tutur direktif yang ada di setiap dialog dalam film Ziarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam film Ziarah ditemukan adanya bentuk dan fungsi tindak tutur direktif. Bentuk yang ditemukan yaitu bentuk perintah, permintaan, ajakan, nasihat, kritikan, dan larangan. Sedangkan fungsi yang ditemukan yaitu fungsi menyuruh, mengharuskan, memaksa, meminta, mengharap, memohon, mengajak, membujuk, menasihati, menganjurkan, menyarankan, menegur, mengancam, dan melarang. Keseluruhan data yang ditemukan berjumlah 34 data bentuk dan fungsi. Saran yang dapat disampaikan melalui penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan tindak tutur direktif dengan menggunakan objek yang sama yaitu film Ziarah. Kaitannya dengan bidang linguistik, film “Ziarah” karya B.W. Purba Negara ini dapat digunakan oleh peneliti lain untuk melakukan penelitian dengan kajian yang berbeda guna menambah pengetahuan yang lebih mendalam terkait dengan penelitian ilmu bahasa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, direktif, film Ziarah
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 08:11
Last Modified: 08 Jan 2024 08:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60905

Actions (login required)

View Item View Item