SATUAN EKSPRESI TRADISI PADUSAN DI UMBUL INGAS COKRO KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN


Haifa Auwalia Nisa, 2111415038 (2023) SATUAN EKSPRESI TRADISI PADUSAN DI UMBUL INGAS COKRO KECAMATAN TULUNG KABUPATEN KLATEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa dan budaya adalah dua hal yang saling berhubungan. Dalam praktiknya, budaya atau kebudayaan yang ada di masyarakat erat kaitannya dengan bahasa yang mereka gunakan untuk berkomunikasi. Hal tersebut juga tercermin dari salah satu tradisi padusan di wilayah Klaten, tepatnya di Umbul Ingas Cokro, Kecamatan Tulung. Padusan sendiri memiliki makna menyucikan jiwa dan raga sebelum memasuki bulan suci ramadan agar nantinya dapat melakukan ibadah dengan kondisi suci secara lahiriah serta batiniah. Dalam tradisi padusan, terdapat berbagai perlengkapan serta kegiatan yang di dalamnya terdapat satuan ekspresi (kata dan frasa) yang berhubungan dengan harapan kepada Tuhan serta dalam hubungannya dengan manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk sekaligus makna satuan ekspresi dari tradisi padusan di Umbul Ingas Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten, baik itu makna leksikal ataupun makna kulturalnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan metodologis deskriptif kualitatif dan pendekatan teoretis berupa teori etnolinguistik. Data yang terdapat dalam penelitian ini merupakan satuan ekspresi berupa kata dan frasa yang diduga digunakan dalam tradisi padusan yang ada di Umbul Cokro, Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten. Sumber data yaitu sumber data lisan yang dituturkan oleh informan. Informan merupakan orang yang mengetahui serta memahami tentang tradisi padusan. Metode dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah simak dan metode cakap. Pada tahapan analisis data, peneliti menggunakan metode agih dan metode padan. Sedangkan untuk penyajian hasil analisis, peneliti menggunakan metode penyajian formal dan informal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: makna leksikal, makna kultural, etnolinguistik, padusan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:59
Last Modified: 08 Jan 2024 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60901

Actions (login required)

View Item View Item