PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TULIS PADA PELAJAR INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS SEKOLAH INDONESIA SINGAPURA Ltd.)


Okta Dwi Ahriyani, 2101418070 (2022) PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA TULIS PADA PELAJAR INDONESIA DI LUAR NEGERI (STUDI KASUS SEKOLAH INDONESIA SINGAPURA Ltd.). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pelajar di SIS Ltd. mengalami kendala dalam menggunakan bahsa Indonesia tulis. Mereka kesulitan untuk menemukan padanan kata dalam bahasa Indonesia. Alhasil, saat kegiatan menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia, mereka memilih untuk bertanya kepada guru atau meminta izin untuk menggunakan google translate. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk penggunaan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd., menjabarkan faktor yang memengaruhi bentuk penggunaan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd., dan memaparkan strategi pemertahanan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini adalah hasil karya tulis sebanyak sembilan jenis teks yang ditulis oleh pelajar SIS Ltd. jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi atau catatan lapangan. Keabsahan data dalam penelitian ini diuji menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk penggunaan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd. cukup beragam. Terdapat 3 bentuk penggunaan bahasa tulis yang menggunakan bahasa Indonesia secara keseluruhan, 4 bentuk penggunaan bahasa tulis yang menggunakan bahasa Inggris secara keseluruhan, dan 2 bentuk penggunaan bahasa tulis yang mencampurkan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. (2) terdapat beberapa faktor yang memengaruhi bentuk penggunaan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd., yaitu faktor lingkungan, penggunaan bahasa keseharian, dan lama menetap. Diantara ketiga faktor tersebut, penggunaan bahasa keseharian menjadi faktor yang pengaruhnya paling kuat terhadap bentuk penggunaan bahasa Indonesia tulis pelajar SIS Ltd. (3) pemertahanan bahasa Indonesia pelajar SIS Ltd. dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu strategi intrakulikuler dan strategi ekstrakulikuler. Strategi intrakulikuler dilakukan oleh pelajar dengan cara tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam kesehariannya, kemudian dari pihak SIS Ltd. mendukung pemertahanan bahasa Indonesia tulis pelajarnya dengan cara menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam proses KBM dan juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang kaitannya dengan bahasa, seperti peringatan bulan Bahasa. Selain itu, pemertahananan bahasa Indonesia ini juga bisa dilakukan dengan strategi ekstrakulikuler melalui program sarapan kosakata, satu hari berbahasa Indonesia, dan kewajiban menggunakan bahasa Indonesia saat pembelajaran bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SILN, SIS Ltd., penggunaan bahasa, bahasa tulis.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:55
Last Modified: 08 Jan 2024 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60900

Actions (login required)

View Item View Item