PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PDAM KOTA SEMARANG BAGIAN PERLENGKAPAN


Nabilla Saraswati, 1511417112 (2023) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PDAM KOTA SEMARANG BAGIAN PERLENGKAPAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (994kB) | Request a copy

Abstract

Karyawan yang memiliki tingkat kepuasan kerja yang rendah terhadap pekerjaannya cenderung mempengaruhi perfomanya dalam melakukan pekerjaan. Begitupun karyawan yang memiliki tingkat kepuasan kerja yang tinggi terhadap pekerjaannya cenderung berbicara secara positif tentang organisasi dan memberikan perfoma yang baik dalam bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap OCB, gambaran mengenai kepuasan kerja, dan gambaran mengenai OCB pada karyawan PDAM Kota Semarang bagian perlengkapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah karyawan PDAM Kota Semarang bagian perlengkapan. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 45 subjek. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik secara tidak acak (non probability sampling). Pada non probability sampling, tidak semua unsur yang terdapat pada populasi memiliki peluang yang sama untuk dapat terpilih menjadisampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan skala likert yang disusun berdasarkan dimensi organizational citizenship behavior menurut Podsakoff, Ahearne, & MacKenzie (1997) sebanyak 33 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,925. Dan berdasarkan dimensi kepuasan kerja menurut Luthans (2006) sebanyak 35 aitem dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,942. Teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikansi pengaruh kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior adalah 0,000 < 0,05. dan nilai F hitung sebesar 295,708 > nilai f tabel yaitu 3,22. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PDAM Kota Semarang bagian perlengkapan, sehingga hipotesis diterima. Kepuasan dalam bekerja pada diri karyawan mendorong karyawan berupaya semaksimal mungkin dengan segenap kemampuan yang dimilikinya untuk memberikan tindakan�tindakan yang positif bahkan melampaui peran yang telah disyaratkan oleh organisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepuasan kerja, organizational citizenship behavior, karyawan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:51
Last Modified: 08 Jan 2024 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60899

Actions (login required)

View Item View Item