RESISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL PERTEMPURAN LAIN DROPADI KARYA TRIYANTO TRIWIKROMO


Dyah Ayu Widyawati Cahyono Putri, 2111419055 (2022) RESISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL PERTEMPURAN LAIN DROPADI KARYA TRIYANTO TRIWIKROMO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Resistensi perempuan dapat dimaknai sebagai respon menentang dan melawan terhadap stigma atau stereotip sosial yang telah ada dalam diri perempuan. Bentuk resistensi dibedakan menjadi dua, yaitu resistensi terbuka (public transcript) yang bersifat rasional atau nyata dan resistensi tertutup (hidden transcript) berupa perkataan maupun sikap tersembunyi yang tidak tersistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan adanya resistensi tokoh Dropadi dalam novel Pertempuran Lain Dropadi karya Triyanto Triwikromo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan hermeneutika berupa teori interpretasi makna Paul Ricoeur. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah kutipan teks yang menunjukkan resistensi atau perlawanan yang dilakukan oleh tokoh Dropadi dalam novel. Sumber data penelitian ini adalah novel Pertempuran Lain Dropadi karya Triyanto Triwikromo yang terbit pada tahun 2022. Teknik analisis data berupa teknik baca dan catat dengan tujuan memperoleh data yang sesuai dengan objek kajian yang diteliti. Hasil penelitian kali ini yakni, 1) Bentuk resistensi tokoh Dropadi berupa resistensi terbuka (public transcript) dan resistensi tertutup (hidden transcript), 2) Faktor-faktor yang membentuk resistensi tokoh Dropadi berupa faktor internal dan eksternal, 3) Makna resistensi tokoh Dropadi dalam novel Pertempuran Lain Dropadi karya Triyanto Triwikromo. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih penelitian yang akan dilakukan mengenai resistensi atau perlawanan tokoh dalam karya sastra. Bagi pembaca maupun masyarakat luas diharapkan dapat memahami penelitian ini baik dari bentuk faktor, hingga makna resistensi perempuan yang ada dalam karya sastra. Dengan membaca penelitian diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan khususnya mengenai ilmu hermeneutika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: resistensi, perempuan, hermeneutika
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:40
Last Modified: 08 Jan 2024 07:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60894

Actions (login required)

View Item View Item