PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI DI KELOMPOK BERMAIN JUNIOR SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Dizza Ainunnabila Ahmad, 120141706 (2023) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI DI KELOMPOK BERMAIN JUNIOR SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] HTML (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi permasalahan serius di seluruh dunia, terutama di Indonesia, Perkembangan sosial emosional pada anak usia di Kelompok Bermain Junior Ungaran merupakan sebuah hal yang harus diperhatikan orang tua maupun guru di sekolahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini selama masa pandemi. Upaya orang tua dan pendidik dalam mengoptimalkan perkembangan sosial emosional anak usia dini di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi mengenai perkembangan sosial-emosional anak disekolah dan dirumah. Melakukan wawancara dengan ketua pengelola, pendidik dan orang tua murid Dilengkapi dengan dokumentasi berupa foto dan dokumen pembelajaran. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa perkembangan sosial emosional anak dioptimalkan melalui pembelajaran yang berulang-ulang metode belajar sambil bermain yang menstimulasi perkembangan anak. Orangtua di rumah mengoptimalilasi perkembangan sosial-emosional salah satunya dengan memberikan perhatian pada anak,. Pendidik di sekolah mengoptimalkan perkembangan anak salah satunya dengan Memberikan reinforcement perilaku anak. Kesimpulan yang dapat diambil yakni pada perkembangan sosial emosional, yang menyatakan bahwa 4 dari 2 anak mampu mengikuti aturan bermain yang ada di sekolah, mampu mengingatkan teman yang bertindak tidak sesuai dengan aturan. Sedangkan 2 anak lainnya yang tidak perlu diingatkan sudah mampu mandiri mempersiapkan untuk belajar maupun mengerjakan tugas dari pendidik, mampu menjadi pemimpin ketika mereka sedang bermain peran dengan temannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Sosial, Emosional Anak Usia Dini, Pandemi, Kelompok Bermain.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:38
Last Modified: 08 Jan 2024 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60893

Actions (login required)

View Item View Item