ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN BARANG PADA KORAN DIGITAL TRIBUN JATENG DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MENULIS TEKS IKLAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP


Chelfia Luthfi Intan Pratiwi, 2101419086 (2022) ANALISIS GAYA BAHASA IKLAN BARANG PADA KORAN DIGITAL TRIBUN JATENG DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MENULIS TEKS IKLAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar merupakan suatu bentuk kegiatan yang kompleks serta membutuhkan adanya banyak komponen. Salah satu komponen wajib yang berperan untuk mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar adalah sumber belajar. Seiring perkembangan zaman, sumber belajar semakin bervariatif dan terus melakukan pembaharuan. Namun, faktanya sumber belajar yang digunakan pendidik belum optimal dalam mendukung pembelajaran. Media massa digital merupakan salah satu bentuk sumber belajar yang dapat digunakan pendidik, salah satunya media massa koran digital Tribun Jateng. Media ini menyediakan beragam informasi dan memuat adanya beragam jenis iklan. Penelitian ini fokus meneliti gaya bahasa iklan barang yang termuat di media massa koran digital serta kelayakannya untuk dijadikan sebagai sumber belajar menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini dilakukan bertujuan (1) mendeskripsikan gaya bahasa dalam iklan barang yang termuat pada koran digital Tribun Jateng, serta (2) kelayakan iklan barang pada koran digital Tribun Jateng untuk dijadikan sebagai sumber belajar menulis teks iklan peserta didik kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis dan metodologis berupa teori gaya bahasa dan sumber belajar serta pendekatan metodologis berupa metode kualitatif. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dua puluh lima iklan barang yang dimuat dalam media massa koran digital Tribun Jateng edisi Januari-April 2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan catat. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri (human instrument) dan kartu data. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Selain itu, data dalam penelitian ini kemudian disajikan dalam bentuk uraian deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat sebanyak sebanyak 6 jenis gaya bahasa yang digunakan dalam iklan barang koran digital Tribun Jateng yaitu (1) asonansi, (2) aliterasi, (3) hiperbola, (4) personifikasi, (5) simile, dan 6) metafora. Dari 25 data iklan barang yang terdapat dalam koran digital Tribun Jateng edisi Januari – April 2022 terdapat sejumlah 12 teks iklan barang memuat gaya bahasa asonansi, 3 teks iklan barang memuat gaya bahasa aliterasi, 8 teks iklan barang memuat gaya bahasa hiperbola, 4 teks iklan barang memuat gaya bahasa personifikasi, 1 teks iklan barang memuat gaya bahasa simile, dan 2 teks iklan barang memuat gaya bahasa metafora. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa terdapat delapan belas iklan barang yang layak digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan kriteria relevan yang merupakan salah satu kriteria pemilihan sumber belajar. Saran dalam penelitian ini adalah (1) Bagi pendidik, hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai sumber belajar pengetahuan untuk menyeleksi sumber belajar menulis teks iklan bagi peserta didik kelas VIII SMP, (2) bagi peserta didik, iklan barang yang terdapat dalam koran digital Tribun Jateng hendaknya dapat digunakan sebagai sumber belajar menulis teks iklan yang merupakan materi kelas VIII SMP, hasil penelitian berupa gaya bahasa dalam iklan barang koran digital Tribun Jateng dapat dijadikan sebagai sumber pengetahuan untuk menulis teks iklan, (3) bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau bahan untuk mengembangkan penelitian terkait gaya bahasa dan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, iklan barang, sumber belajar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:33
Last Modified: 08 Jan 2024 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60891

Actions (login required)

View Item View Item