PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI ANTIKORUPSI


Aulia Adhi Nugraha, 2101418086 (2022) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENULIS TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI ANTIKORUPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Menarik untuk dikaji penelitian pengembangan buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi siswa kelas X. Hal ini dikarenakan belum ada buku pengayaan teks anekdot berisi nilai antikorupsi yang khusus membahas tentang anekdot yang didedikasikan untuk memerangi korupsi, dalam buku pengayaan penulisan teks-teks anekdot yang mengandung nilai-nilai antikorupsi tidak hanya mengutamakan pengetahuan dan keterampilan, tentu saja kepribadian adalah hal yang penting untuk dibangun sejak dini. Hal ini dapat diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dalam kegiatan belajar mengajar tentunya siswa membutuhkan buku sebagai referensi belajar. Untuk mendukung pengembangan kepribadian siswa, perlu dikembangkan sebuah buku. Oleh karena itu, perlu adanya buku pengayaan yang memuat nilai antikorupsi yang bertujuan untuk membentuk perilaku siswa sebaik-baiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan teks anekdot yang mengandung nilai-nilai antikorupsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk dan (5) revisi atau perbaikan produk. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan pendidik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif, yaitu penyajian dan penarikan kesimpulan data. Adapun pengembangan prototipe yang disusun meliputi empat aspek, yaitu (1) aspek materi/isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa dan ilustrasi, dan (4) aspek grafika. Dari keempat aspek tersebut diklasifikasikan baik. Penilaian terhadap prototipe buku pengayaan yang dilakukan oleh dua penilai ahli, yaitu aspek materi/isi mencapai skor rata-rata 81,2; aspek penyajian mencapai skor rata-rata 75; aspek bahasa dan keterbacaan mencapai skor rata-rata 75; dan aspek grafika mencapai skor rata-rata 81.2. presentase keseluruhan adalah 78,1% dengan kategori baik untuk digunakan. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai berikut. Pertama, siswa dan pendidik dapat menggunakan buku anekdot pengayaan teks yang mengandung nilai-nilai antikorupsi sebagai pelengkap buku teks. Kedua, siswa dan pendidik dapat menggunakan buku teks anekdot bermuatan nilai dapat digunakan peserta didik dan pendidik untuk menanamkan nilai antikorupsi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Pengayaan, Keterampilan Menulis, Teks Anekdot, Nilai Antikorupsi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:20
Last Modified: 08 Jan 2024 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60889

Actions (login required)

View Item View Item