PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SINIAR BERMUATAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA DALAM TEKS ULASAN SECARA LISAN PADA PESERTA DIDIK SMP


Ardhya Pramesti Nilam Putri, 2101417060 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SINIAR BERMUATAN TANGGAPAN TENTANG KUALITAS KARYA DALAM TEKS ULASAN SECARA LISAN PADA PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Akhir-akhir ini muncul salah satu audio digital yang menyerupai radio yaitu siniar (podcast). Namun radio dan siniar (podcast) memiliki perbedaan yaitu, pendengar radio harus tersambung melalui radio web sesuai dengan jadwal. Media siniar atau siniar dapat merekam suara sesuai dengan skenario yang dibuat sebelumnya, agar pendengar merasakan seperti dalam keadaan nyata atau sebenarnya. Saat ini membuat siniar jauh lebih mudah dan tidak membutuhkan investasi besar, sehingga industri siniar dapat berkembang pesat dan mudah di dunia pendidikan. Setelah peneliti melakukan observasi di SMP Negeri 1 Arut Selatan dan SMP Negeri 12 Arut Selatan berkaitan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Hasilnya membuktikan masih banyak pendidik yang kesulitan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Pendidik terpaku pada beberapa jenis media pembelajaran yaitu salindia dan video yang bersumber dari Youtube, yang merupakan media pembelajaran yang paling sering digunakan. Hal ini membuat peserta didik merasa jenuh dan kurang semangat, sehingga masih banyak peserta didik yang kurang memahami materi pembelajaran dan mendapatkan nilai yang tidak maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu, 1) mendeskripsikan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap pengembangan media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan pada peserta didik SMP, 2) mengembangkan prototipe media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan pada peserta didik SMP, 3) mendeskripsi penilaian ahli terhadap prototipe media siniar dengan media pembelajaran sebelumnya pada peserta didik SMP, dan 4) mendeskripsikan perbaikan prototipe media siniar dengan media pembelajaran sebelumnya pada peserta didik SMP Metode penelitian yang digunakan yaitu, penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah yang digunakan hanya sampai pada tahap revisi desain. Tahap penelitian pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Penelitian ini memiliki data berupa data kebutuhan peserta didik dan pendidik serta data validasi desain awal media siniar. Sumber data penelitian ini berupa analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik, data pengembangan produk, dan data validasi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut, 1) karakteristik kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan yang diperoleh berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik terdiri atas empat aspek. Aspek-aspek tersebut adalah, aspek kebutuhan isi, aspek kebutuhan penyajian, aspek kebutuhan bahasa, dan aspek kebutuhan muatan, 2) penyusunan prototipe media siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan didasarkan dari hasil karakteristik kebutuhan peserta didik dan pendidik yang selanjutnya dijadikan sebagai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan. Prinsip-prinsip yang diperoleh meliputi aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek muatan, 3) hasil uji validitas media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan yaitu diwujudkan dalam bentuk skor penilaian dan saran perbaikan, penilaian media pembelajaran siniar dibagi menjadi empat aspek yaitu, aspek pembuka, aspek isi, aspek penutup dan aspek buku panduan penggunaan media, dan 4) perbaikan prototipe media pembelajara audio siniar. Pada bagian pembuka memperoleh nilai rata-rata 85, dengan kategori baik. Pada bagian isi memperoleh nilai rata-rata 84,4, dengan kategori baik. Pada bagian penutup memperoleh nilai rata-rata 78 dengan kategori cukup baik Pada bagian buku panduan penggunaan media pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 87,1, dengan kategori baik. Saran dan perbaikan media pembelajaran siniar ditunjukan untuk buku panduan penggunaan media pembelajaran. Saran dan perbaikan tersebut, yaitu meliputi 1) judul dari buku panduan sebaiknya disesuaikann dengan judul media siniar, 2) terdapat kesalahan penulisan kata pada judul buku panduan, 3) petunjuk penggunaan media siniar dibuat bagan alur, 4) perhatikan kepemahaman dan kemenarikan media, 5) sesuaikan dengan kurikulum merdeka, dan 6) gambar sampul disesuaikan dengan film “Keluarga Cemara” dan 4) Adapun saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah sebagai berikut, 1) media pembelajaran siniar hendaknya digunakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran teks ulasan, 2) Media pembelajaran siniar hendaknya dapat digunakan pendidik sebagai salah satu upaya penerapan pembelajaran dari rumah di masa Pandemi Covid-19, dan 3) Perlu diadakan penelitian lanjutan untuk menguji keefektifan media pembelajaran siniar bermuatan tanggapan tentang kualitas karya dalam teks ulasan secara lisan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Podcast, Siniar, Teks Ulasan, Muatan Tanggapan Tentang Kualitas Karya.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:08
Last Modified: 08 Jan 2024 07:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60886

Actions (login required)

View Item View Item