KELAYAKAN BUKU KUMPULAN CERITA FABEL KEJUJURAN & ANTIKORUPSI KARYA KARTIWI LARAS PERTIWI DAN NUNIK UTAMI SEBAGAI BUKU PENGAYAAN DI SMP


Indrawita Panji Laksono, 2101416060 (2022) KELAYAKAN BUKU KUMPULAN CERITA FABEL KEJUJURAN & ANTIKORUPSI KARYA KARTIWI LARAS PERTIWI DAN NUNIK UTAMI SEBAGAI BUKU PENGAYAAN DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Teks fabel merupakan teks yang bercerita tentang binatang ataupun tumbuhan yang berperilaku seperti manusia. Dalam cerita tersebut juga biasanya berisi tentang pesan moral yang dapat dicontoh bagi pembaca. Pesan moral pada teks fabel dapat menjadi pedoman bagi pendidik untuk mendidik peserta didik supaya menerapkan nilai-nilai kehidupan yang baik, terutama nilai kejujuran dan antikorupsi. Pada pembelajaran teks fabel, peserta didik perlu memahami unsur pembangun, struktur, dan kaidah kebahasaan teks fabel. Berdasarkan pemaparan tersebut, permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu, (1) Mendeskripsikan unsur pembangun dari teks-teks yang ada pada buku Kumpulan Cerita Fabel Kejujuran & Antikorupsi karya Kartiwi Laras Pertiwi dan Nunik Utami. (2) Mendeskripsikan kelayakan buku Kumpulan Cerita Fabel Kejujuran & Antikorupsi karya Kartiwi Laras Pertiwi dan Nunik Utami sebagai buku pengayaan di SMP. (3) Mendeskripsikan klasifikasi kelayakan teks fabel pada buku Kumpulan Cerita Fabel Kejujuran & Antikorupsi karya Kartiwi Laras Pertiwi dan Nunik Utami. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu dengan menganalisis teks fabel pada buku Kumpulan Cerita Fabel Kejujuran & Antikorupsi karya Kartiwi Laras Pertiwi dan Nunik Utami. Data yang digunakan sebagai bahan penelitian adalah teks fabel yang terdapat pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Penelitian ini dipaparkan dengan cara mendeskripsikan data yang diperoleh. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa dari 10 teks fabel yang dianalisis berdasarkan unsur pembangun, seluruh teks tersebut layak dijadikan sebagai bahan pengayaan di SMP. Selanjutnya terdapat 7 dari 10 teks yang layak dijadikan sebagai buku pengayaan di SMP. Teks yang layak menjadi buku pengayaan yaitu (1) Ketika Alvin Berbohong, (2) Pencuri di Musim Dingin, (3) Ketika Lalat Membuka Rahasia, (4) Buaya Merindukan Burung Pipit, (5) Kebohongan Kancil, (6) Bongo dan Perseriaan Makanan, (7) Hadiah Istimewa Untuk Tupi. Berdasarkan penilitan yang telah dilakukan, peneliti menyampaikan beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat, yaitu; (1) Hasil penelitian ini hendaknya menjadi pedoman bagi peserta didik untuk memahami nilai moral untuk dijadikan tauladan dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari. (2) Hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan oleh pendidik sebagai salah satu sumber referensi untuk memilih buku pengayaan yang cocok untuk mengajarkan teks fabel dengan memperhatikan kelayakannya. (3) Hasil penelitian ini hendaknya dapat digunakan oleh peneliti lain untuk menambah wawasan dan dapat menjadi referensi untuk melakukan penelitian lain di bidang sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Unsur Pembangun, Teks Fabel, Kelayakan Buku Pengayaan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:58
Last Modified: 08 Jan 2024 06:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60884

Actions (login required)

View Item View Item