ANALISIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMP


Muhammad Ilham Riesa Putera, 2101415095 (2022) ANALISIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran sastra berhubungan dengan karya sastra. Karya sastra dapat dijadikan sebagai gambaran kehidupan dalam bermasyarakat sehari-hari kepada peserta didik yang kemungkinan yang masih baru mengenalinya. Dengan peserta didik melakukan apresiasi sebuah karya sastra, mereka dapat mengimplementasikan pesan yang terkandung di dalam karya sastra tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Novel adalah salah satu bentuk atau wujud karya sastra. Melalui novel, peserta didik dapat memahami maupun menghayati isi serta nilai karakter yang terkandung dalam novel. Refleksi nilai karakter yang ada di dalam novel dengan kehidupan sehari-hari inilah yang perlu disampaikan pendidik kepada peserta didik supaya menjadi motivasi dirinya. Nilai karakter harus sesuai dengan karakter tempat di mana peserta didik hidup, yaitu Indonesia. Dasar negara Indonesia yaitu Pancasila. Maka dari itu, Kemendikbud berkomitmen menciptakan Pelajar Pancasila. Pelajar Pancasila memiliki Profil Pelajar Pancasila. Dalam Profil Pelajar Pancasila, terdapat enam nilai, yaitu: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia; (2) berkebinekaan global; (3) gotong royong; (4) mandiri; (5) bernalar kritis; dan (6) kreatif. Keenam nilai Profil Pelajar Pancasila tersebut dapat diintegrasikan dengan nilai karakter yang terdapat dalam suatu novel. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Karena novel merupakan karya sastra berupa tulisan, maka dapat menjadi bahan bacaan dalam pembelajaran apresiasi sastra untuk peserta didik di jenjang SMP. Hal tersebut juga sesuai dengan Kurikulum Merdeka dalam capaian pembelajaran tentang kemampuan berbahasa guna apresiasi sastra. Beberapa permasalahan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana nilai-nilai karakter dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata; (2) bagaimana nilai-nilai karakter yang mencerminkan Profil Pelajar Pancasila dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata; dan (3) bagaimana relevansi nilai�nilai karakter dalam novel Guru Aini dengan nilai-nilai karakter pada Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumen. Teknik analisis datanya menggunakan teknik model Miles dan Huberman, yang terdiri atas tiga tahap, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), serta conclusion drawing/verification (penarikan simpulan) Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) novel Guru Aini karya Andrea Hirata mengandung keenam nilai yang terdapat dalam Profil Pelajar Pancasila; (2) enam nilai karakter dalam novel Guru Aini dianalisis melalui elemen kunci nilai dari setiap nilai Profil Pelajar Pancasila; dan (3) nilai karakter Profil Pelajar Pancasila yang tercermin dalam novel Guru Aini dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran apresiasi sastra di jenjang SMP. Beberapa saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu: (1) pendidik untuk jenjang SMP dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi bahan pembelajaran, khususnya pembelajaran apresiasi sastra di jenjang SMP dengan menggunakan novel Guru Aini karya Andrea Hirata, karena novel tersebut sesuai dengan Kurikulum Merdeka, serta sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; (2) peserta didik di jenjang SMP dapat membaca dan mengapresiasi novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra, karena novel tersebut merupakan novel populer yang dapat ditemukan dan diperoleh di banyak tempat. Selain itu, novel tersebut memiliki kandungan nilai Profil Pelajar Pancasila yang dapat diteladani untuk meningkatkan kualitas karakter peserta didik; (3) penelitian ini dapat disempurnakan maupun dilengkapi kembali oleh penelitian yang selanjutnya; dan (4) pembaca novel Guru Aini karya Andrea Hirata dapat meneladani nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Novel Guru Aini, Pembelajaran Apresiasi Sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 06:47
Last Modified: 08 Jan 2024 06:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60882

Actions (login required)

View Item View Item