PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023


Niken Nawang Wulan, 7101418214 (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, PENGGUNAAN GADGET DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN SMK WIDYA PRAJA UNGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan faktor terpenting dalam suatu proses dan tujuan pembelajaran dalam kelas, kedisiplinan belajar merupakan sikap dan perilaku siswa yang memiliki kepatuhan, ketaatan terhadap aturan yang berlaku dalam kegiatan pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu sebagian besar siswa SMK Widya Praja Ungaran Program Keahlian Tata Kelola Perkantoran Tahun Ajaran 2022/2023 tidak disiplin dalam belajar hal tersebut dilihat dari beberapa siswa yang masih telat dalam pengumpulan tugas, masih banyak siswa yang mengobrol saat jam pelajaran berlangsung dan masih banyak siswa yang tidak masuk tanpa keterangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh orang tua, penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar siswa SMK Widya Praja Ungaran Program Keahlian Tata Kelola Perkantoran Tahun Ajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Widya Praja Ungaran Program Keahlian Tata Kelola Perkantoran Tahun Ajaran 2022/2023. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh populasi yakni sebesar 109 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis statistik deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 7,990 + 0,327 X1 + 0,230 X2 + 0,214 X3 +e. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh simultan variabel pola asuh orang tua, penggunaan gadget dan lingkungan teman sebaya terhadap kedisiplinan belajar sebesar 43,2%,. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kedisiplinan belajar yakni variabel pola asuh orang tua sebesar 14,21%, variabel penggunaan gadget berpengaruh sebesar 12,39% dan variabel lingkungan teman sebaya sebesar 9,61%. Simpulan dari penelitian ini adalah kedisiplinan belajar siswa SMK Widya Praja Ungaran Program Keahlian Tata Kelola Perkantoran Tahun Ajaran 2022/2023 masih rendah maka saran dari peneliti sebagai berikut : (1) Orang tua memberikan pola asuh yang baik dan sesuai karakteristik anak dan orang tua lebih meluangkan waktu untuk memperhatikan tingkat kedisiplinan yang anak miliki khususnya kedisiplinan belajar (2) Guru agar lebih sering mengkomunikasikan kepada orang tua atau wali siswa terkait perkembangan kedisiplinan belajar siswa di kelas (3) Siswa untuk lebih pandai dan selektif dalam memilih lingkungan pertemanan seperti lingkungan teman sebaya yang baik agar bisa memberikan pengaruh baik bagi siswa, dan membatasi dalam penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar Siswa, Pola Asuh Orang Tua, Penggunaan Gadget, Lingkungan Teman Sebaya
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:27
Last Modified: 08 Jan 2024 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60879

Actions (login required)

View Item View Item