PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


Nur Khafidh Abdilah, 7101418039 (2022) PENGARUH DISIPLIN KERJA, KOMPETENSI PEGAWAI DAN FASILITAS KANTOR TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan pada suatu organisasi atau lembaga yang diberikan oleh pegawai merupakan cerminan dari sikap pegawai terhadap pengunjung. Kualitas layanan apabila dikelola dengan tepat akan berkontribusi positif terhadap terwujudnya kepuasan dan loyalitas masyarakat. Kualitas pelayanan yang baik dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor yang tersedia di kantor kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes. Berdasarkan hasil observasi awal, ada indikator bahwa kualitas pelayanan di kantor kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes masih rendah. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah: (1) disiplin kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, (2) kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, (3) fasilitas kantor berpengaruh terhadap kualitas pelayanan, (4) disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang merasakan pelayanan di kantor Kecamatan Bulakamba yang jumlahnya belum diketahui. Dengan itu, untuk menentukan sampel penelitian ini menggunakan rumus iterasi. Berdasarkan perhitungan sampel menggunakan rumus iterasi diketahui bahwa sampel minimum yang diambil adalah 116 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan insidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda sebegai berikut Y = 13,871 + 0,257 X1 + 0,313 X2 + 0,450 X3 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh simultan variable disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan sebesar 50,7%. Variabel dengan pengaruh terbesar terhadap kualitas pelayanan yaitu variabel kompetensi pegawai sebesar 21,4%, variabel disiplin kerja 11,7% dan variabel fasilitas kantor sebesar 8,12%. Kesimpulan dari penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin kerja, kompetensi pegawai dan fasilitas kantor terhadap kualitas pelayanan di kantor kecamatan bulakamba kabupaten brebes. Saran pada penelitian ini aparatur kantor kecamatan menambah fasilitas kantor guna menunjang jalannya pelayanan, memberikan punishment kepada pegawai yang telat jam kerja dan melanggar aturan lainnya dengan diberikan jam kerja tambahan, dan dapat memberikan seminar atau pelatihan kepada pegawai, sehingga pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Disiplin, Kompetensi dan Fasilitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:21
Last Modified: 08 Jan 2024 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60877

Actions (login required)

View Item View Item