ANALISIS PERSEPSI SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN OTKP PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MICROSOFT TEAMS DI SMK NEGERI 1 SALATIGA


Sita Dwi Saputri, 7101417073 (2022) ANALISIS PERSEPSI SISWA DAN MINAT BELAJAR SISWA JURUSAN OTKP PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MICROSOFT TEAMS DI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran daring basis Microsoft Teams merupakan solusi dalam menghadapi krisis penyebaran virus covid-19. SMK Negeri 1 Salatiga sebagai penyedia layanan pendidikan mengupayakan banyak untuk merealisasikan pembelajaran daring basis Microsoft Teams dengan melakukan pelatihan kepada guru serta menunjang fasilitas siswa. Berdasarkan penelitian awal beberapa aspek masih rendah partisipasinya oleh siswa termasuk pada tidak mengikuti kelas daring, tidak mengumpulkan tugas dan beberapa siswa terancam untuk tidak naik kelas karena partisipasinya dalam kelas daring termonitor pasif dan kosong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa dan minat belajar siswa ketika menggunakan sistem pembelajaran daring basis Microsoft Teams. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan siswa kelas X dan XI jurusan OTKP yang melaksanakan pembelajaran daring basis Microsoft Teams sebagai responden dengan jumlah populasi 215 siswa, kemudian diambil untuk sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 140 responden. Teknik Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 27.550 + 0,532 X1 + 0,568 X2 + e. Hasil pengaruh variabel persepsi siswa dan minat belajar siswa yaitu memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada pelaksanaan pembelajaran daring basis Microsoft Teams. Hal tersebut di tunjukkan dengan pengaruh secara bersama sebesar 52,9 % , pengaruh secara individu untuk variabel persepsi siswa 8,94% dan variabel minat belajar siswa 30,36% yang artinya bahwa persepsi siswa yang baik dan minat belajar siswa yang tinggi dapat berpengaruh positif pada pelaksanaan pembelajaran daring basis Microsoft Teams. Kesimpulan dari penelitian ini adalah persepsi siswa dan minat belajar memiliki pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran daring basis Microsfot Teams. Pengaruh persepsi siswa yang rendah tidak melemahkan, bahwa siswa memiliki rasa ketertarikan pada pembelajaran daring basis Microsofot Teams. Minat belajar siswa yang tinggi dapat mengindikasikan pembelajaran daring berjalan dengan baik. Saran yang dapat disampaikan oleh peneliti adalah sekolah sebagai penyedia layanan pendidikan dapat terus menggunakan Microsoft Teams, tetapi memastikan terlebih dahulu bahwa baik guru dan siswa siap menggunakan sistem tersebut. Sekolah dapat mengembangkan sistem pembelajaran daring lainnya yang mudah diakses atau digunakan oleh siswa tanpa menurunkan standart kualitas pembelajaran yang hendak dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Microsoft Teams, Persepsi Siswa, Minat Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 04:04
Last Modified: 08 Jan 2024 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60875

Actions (login required)

View Item View Item