PERAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN


Gangsar Putra Ardianto, 3312418048 (2022) PERAN DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kabupataten Grobogan memiliki jalan rusak sebesar 10,019 km dan kondisi rusak berat 1,010 km maka pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukan dan peran Dinas PUPR menjadi sangat penting untuk mendukung keberhasilannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran dan mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan Dinas PUPR Kabupaten Grobogan dalam mengatasi kendala dalam proses pembangunan jalan di Kecamatan Brati dan upaya penyelesaiannya. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder. Alat dan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif yang meliputi pengumpulan data; reduksi data; penyajian data; dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dinas PUPR Kabupaten Grobogan memiliki peranan dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Brati berupa (a) penetapan prioritas pembangunan dalam usulan program perencanaan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Grobogan; (b) menetapkan strategi prioritas, keuangan, dan penanganan teknis; (c) penentuan sumber pendanaan dan melaksanakan Musrenbangdesa hingga Musrenbagkab; (d) memberikan informasi pembiayaan secara transparan; (e) melakukan pengawasan; (f) melakukan perubahan pada titik lokasi pembangunan jalan dan melakukan penilaian mutu bahan bangunan. (2) Upaya-upaya untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan peran Dinas PUPR Kabupaten Grobogan pada proses pembangunan infrastruktur jalan yaitu optimalisasi pengawasan atau menerjunkan tim pengawas, menjalin koordinasi dengan pihak Kecamatan, Kepala Desa dan masyarakat, membuat prioritas pendanaan, dan memanfaatkan update cuaca. Kesimpulan penelitian yaitu Dinas PUPR Grobogan telah melaksanakan perannya dengan baik sesuai kewenangan dalam pembangunan infrastruktur jalan di Kecamatan Brati. Saran penelitian yaitu hendaknya pemerintah daerah menganggarkan secara penuh pada proyek pembangunan yang diprioritaskan dan bekerjasama dengan daerah lain terkait dengan pengadaan material. Perlu melibatkan masyarakat pada proses perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi hasil pembangunan infrastruktur jalan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, DPUPR, Pembangunan dan InfrastrukturJalan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:48
Last Modified: 08 Jan 2024 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60871

Actions (login required)

View Item View Item