Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Karya Mandiri Sejahtera dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo


Hani Faturrohmah, 3301415034 (2023) Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Karya Mandiri Sejahtera dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa di Desa Patakbanteng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kesejahteraan masyarakat desa masih menjadi sorotan utama karena jumlah penduduk miskin di Indonesia masih didominasi oleh pesedaan. Salah satu cara untuk memperkuat perekonomian desa yaitu dengan mendirikan Badan Usaha Milik Desa yang berdasarkan kebutuhan serta potensi yang dimiliki oleh desa. Serta dari 22.787 unit BUMDes hanya 8.000 unit BUMDes yang aktif, dan hanya 4.000 unit BUMDes yang berhasil memperoleh keuntungan setelah dievaluasi. Ini menunjukkan masih adanya hambatan bagi desa dalam mendirikan ataupun sekedar menjaga stabilitas BUMDes yang sudah berdiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Badan Usaha Milik Desa Karya Mandiri Sejahtera Desa Patakbanteng. Informan dalam penelitian ini adalah Lurah Patakbanteng dan pengurus BUMDEs Karya Mandiri Sejahtera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja BUMDes Karya MandiriSejahtera sudah dapat memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa di Desa Patakbanteng tahun 2017 dan juga tahun 2018. hal ini dilakukan BUMDes Karya Mandiri Sejahtera melalui peningkatan pendapatan, pelayanan ramah tamah, memberikan kepuasan kepada pelanggan, tanggap merespon keluhan dan penyediaan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.adanya peraturan desa dan juga AD-ART yang menjadi acuan kerja BUMDes Karya Mndiri Sejahtera dan bentuk pertanggungjawaban telah diberikan BUMDes kepada petinggi/ stakeholders BUMDes. sedangkan faktor penghambat kinerja BUMDes yaitu terdiri dari tidak semua unit usaha berkontribusi pada pendapatan BUMDes, BUMDes bukan merupakan pekerjaan utama bagi anggota unit usaha serta Kurangnya pengawasan intens pada tiap unit usaha Saran berdasarkan hasil penelitian yaitu 1. Kepada Pemerintah Desa Patakbanteng untuk melakukan pengawasan kepada BUMDes agar berjalan sesuai dengan tujuan pendiriannya. 2. Kepada kepala BUMDes Karya Mandiri Sejahtera agar lebih memonitoring setiap kegiatan di tiap unit usaha yang ada sehingga kepala BUMDes mampu mengenali progres tiap unit usaha dan juga kendala yang dialami tiap unit usahanya. 3. Kepada anggota BUMDes Karya Mandiri Sejahtera khususnya unit usaha pengolahan sampah, Pamsimas Banyu Aji agar menjalankan unit usahanya sesai dengan mengembangkan program-program untuk meningkatkan pendapatan unit usahanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BUMDes, Kinerja, Pendapatan Asli Desa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:44
Last Modified: 08 Jan 2024 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60870

Actions (login required)

View Item View Item