KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Dimas Reza Bhakti Maulana, 2501418060 (2023) KORELASI PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI MUSIK) DI SMP NEGERI 3 UNGARAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Guru adalah salah satu komponen dalam sebuah proses pendidikan, yang berperan dalam pembentukan sumber daya manusia, sehingga menjadi patokan dalam menentukan keberhasilan peserta didik, terutama dalam kaitannya pada proses belajar mengajar. Maka dari itu pada setiap guru diharuskan mempunyai kompetensi yang baik. Berdasarkan kurikulum yang digunakan pada saat pembelajaran seni budaya (seni musik) kelas IX di SMP Negeri 3 Ungaran merupakan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis hubungan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (seni musik) di SMP Negeri 3 Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional kuantitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ungaran yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan mengambil nilai dari penilaian tengah semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 pada mata pelajaran seni budaya (seni musik). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara hubungan persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan melalui analisis regresi dan korelasi. Dalam uji analisis regresi pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Pada uji analisis korelasi sederhana menunjukan nilai korelasi sebesar 0,993, sehingga menunjukan bahwa korelasi persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar memiliki hubungan yang sangat kuat. Dengan rata-rata skor yang diperoleh pada persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik guru seni budaya (seni musik) kelas IX di SMP Negeri 3 Ungaran yaitu sebanyak 63,45 dan skor rata-rata yang diperoleh pada hasil belajar seni budaya (seni musik) kelas IX di SMP Negeri 3 Ungaran sebanyak 82,91.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Seni Budaya (Seni Musik)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:34
Last Modified: 08 Jan 2024 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60867

Actions (login required)

View Item View Item