EFISIENSI PRODUKSI DAN SALURAN PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG


Wening Elly Pratamasari, 0712520009 (2022) EFISIENSI PRODUKSI DAN SALURAN PEMASARAN KOPI ROBUSTA DI KECAMATAN GEMAWANG KABUPATEN TEMANGGUNG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis pengaruh faktor produksi luas lahan, jumlah tenaga kerja, umur tanaman, jumlah pupuk dan jumlah tanaman terhadap produksi kopi Robusta di Kecamatan Gemawang, 2) menganalisis tingkat pencapaian efisiensi teknis, efisiensi harga dan efisiensi ekonomi pada produksi kopi Robusta di Kecamatan Gemawang, 3) menganalisis saluran pemasaran produksi Kopi Robusta di Kecamatan Gemawang. Metode analisis yang digunakan adalah dengan mix method antara deskriptif kuantitatif yaitu fungsi produksi Cobb – Douglas dengan pendekatan frontier stokastik dan diskriptif analisis. Terdapat tiga uji efisiensi, yaitu efisiensi teknis (ET), efisiensi harga atau alokatif (EH), dan efisiensi ekonomi (EE). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya variabel luas lahan dan tenaga kerja yang secara positif berpengaruh signifikan terhadap produksi kopi robusta, sedangkan variabel umur tanaman, jumlah pupuk, jumlah tanaman tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi kopi robusta. Nilai rata-rata efisiensi teknis produksi kopi robusta sebesar 0,865, angka tersebut <1 yang artinya bahwa penggunaan faktor-faktor produksi kopi robusta di Kecamatan Gemawang tidak efisien secara teknis, sehingga perlu dilakukan pengurangan pada penggunaan faktor-faktor produksi. Hasil perhitungan efisiensi harga faktor produksi yang digunakan masih >1, yaitu sebesar 34,62 yang artinya belum efisien secara harga. Sedangkan hasil perhitungan efisiensi ekonomi sebesar 29,94 yang artinya bahwa produksi kopi robusta juga belum mencapai efisiensi ekonomi. Untuk mencapai efisiensi harga dan efisiensi ekonomi perlu dilakukan penambahan faktor-faktor produksi agar produksi kopi robusta di Kecamatan Gemawang. Hasil dari analisis deskriptif saluran pemasaran kopi robusta di Kecamatan Gemawang adalah, bahwa terdapat 6 rantai saluran pemasaran kopi robusta di Kecamatan Gemawang. Saluran I : Petani – Pengumpul Desa – Trading House Kopi Sindoro-Sumbing - Exportir - Konsumen Luar Negeri, Saluran II: Petani – Pengumpul Desa – Koprasi Kopi Prima Jaya- Konsumen Dalam Negeri, Saluran III : Petani – Pengumpul Desa – Konsumen Dalam Negeri. Saluran IV : Petani - Pengumpul Desa – Pengumpul Kecamatan – Pedagang Retail - Konsumen Dalam Negeri. Saluran V : Petani – Pedagang Retail – Konsumen Dalam Negeri. Saluran Pemasaran VI : Petani – Konsumen Dalam Negeri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kopi Robusta, Efisiensi, Saluran Pemasaran, Kecamatan Gemawang
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:36
Last Modified: 08 Jan 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60866

Actions (login required)

View Item View Item