PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 1 MANGGUNGMANGU KABUPATEN KENDAL


Novi Prafittasari, 1401418412 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL PADA MUATAN PELAJARAN PPKn KELAS III SDN 1 MANGGUNGMANGU KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi terbatasnya media belajar di SDN 1 Manggungmangu yang hanya menggunakan buku guru, buku siswa, dan media gambar maupun media video. Peneliti juga menemukan data dalam pembelajaran muatan PPKn materi “Kewajiban dan Hakku Di Sekolah” terdapat 24 siswa belum memenuhi KKM dan 7 siswa sudah memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran spinning wheel, 2) menguji kelayakan media pembelajaran spinning wheel, 3) menguji keefektifan pengembangan media pembelajaran spinning wheel dalam meningkatkan hasil belajar muatan PPKn siswa kelas III SDN 1 Manggungmangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian menggunakan model penelitian pengembangan Borg and Gall hanya sampai pada langkah ke-8. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Manggungmangu berjumlah 31 siswa. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu media pembelajaran spinning wheel dan variabel terikatnya adalah hasil belajar muatan PPKn siswa kelas III. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, data dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data awal dengan uji normalitas, analisis data produk, dan analisis data akhir dengan uji paired sample t-test dan uji n-gain. Hasil pengembangan media spinning wheel pada muatan PPKn dikembangkan dengan menggabungkan berbagai komponen yaitu papan permainan spinning wheel yang berbahan dasar kayu, kartu materi, dan kartu pertanyaan. Hasil kelayakan media pembelajaran dari penilaian ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 83% dan 100% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran spinning wheel efektif digunakan pada muatan pelajaran PPKn dengan dibuktikan bahwa perhitungan uji T data pretest dan posttest menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan uji peningkatan rata-rata sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran spinning wheel layak dan efektif digunakan dalam muatan pelajaran PPKn kelas III materi “Kewajiban dan Hakku Di Sekolah”. Saran dari peneliti yaitu, pihak sekolah dapat memberikan peluang dan dukungan bagi guru untuk berinovasi melakukan pengembangan media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spinning Wheel, Muatan PPKn, Pengembangan media
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 03:10
Last Modified: 08 Jan 2024 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60857

Actions (login required)

View Item View Item