PENGARUH LAMANYA PERENDAMAN SERAT ABAKA PADA LARUTAN CALCIUM HYDROXIDE TERHADAP KEKUATAN IMPACT, BENDING, DENSITAS, POROSITAS, DAN MAKROSTRUKTUR KOMPOSIT BERMATRIKS POLYESTER


Muhammad Nur Fachry Asyifa, 5211418049 (2023) PENGARUH LAMANYA PERENDAMAN SERAT ABAKA PADA LARUTAN CALCIUM HYDROXIDE TERHADAP KEKUATAN IMPACT, BENDING, DENSITAS, POROSITAS, DAN MAKROSTRUKTUR KOMPOSIT BERMATRIKS POLYESTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri otomotif saat ini meningkat pesat, sehingga diperlukan komponen otomotif yang berjumlah besar. Komponen otomotif terbuat dari berbagai jenis material, salah satunya yaitu material komposit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lamanya perendaman serat abaka pada larutan calcium hydroxide terhadap kekuatan impact, bending, densitas, porositas, dan makrostruktur komposit. Matriks yang digunakan dalam penelitian ini adalah resin Yukalac 157 BQTN dan reinforcement yang digunakan adalah serat abaka. Serat abaka dalam penelitian ini diberi perlakuan alkali calcium hydroxide 5% dengan variasi tanpa perendaman, 3 jam perendaman, 6 jam perendaman, dan 9 jam perendaman. Komposisi komposit terdiri dari 40% serat abaka (reinforcement) dan 60% resin polyester (matriks) dengan metode pembuatan komposit hand lay up. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lama waktu perendaman dapat meningkatkan nilai kekuatan impact, bending, dan densitas, akan tetapi menurun pada nilai porositas. Nilai kekuatan impact, bending, dan densitas tertinggi terdapat pada variasi 9 jam perendaman dengan nilai secara berturut-turut sebesar 0,035 J/mm², 95,096 MPa, dan 1,156 g/cm³. Nilai porositas tertinggi terdapat pada variasi tanpa perendaman yaitu sebesar 1,354%. Peningkatan nilai kekuatan impact, bending, dan densitas dikarenakan kandungan hemiselulosa serta lignin pada serat abaka hilang lebih maksimal akibat adanya perendaman alkali calcium hydroxide yang semakin lama. Hasil pengamatan makrostruktur menunjukkan adanya beberapa cacat komposit yaitu crack deflection, fiber pull out, void, dan delaminasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komposit, lamanya perendaman, serat abaka, calcium hydroxide, impact, bending, densitas, porositas, pengamatan makrostruktur.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:42
Last Modified: 08 Jan 2024 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60852

Actions (login required)

View Item View Item