EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN SAMPOLAWA KABUPATEN BUTON SELATAN


ALIRMAN SARPAN, 0602520010 (2022) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KECAMATAN SAMPOLAWA KABUPATEN BUTON SELATAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran evaluasi sangat penting dalam pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan dengan evaluasi dapat mengetahui sejauh mana program pembelajaran terlaksana dengan baik atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis program pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan Penelitian evaluasi program ini menggunakan model evaluasi Stake dengan tahapan antecedents evaluation, trasaction evaluation, dan outcomes evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara kualitatif dengan 4 komponen yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-kecamatan sampolawa pada tanggal 20 April 2022 sampai 20 Mei 2022, sumber data penelitian 8 kepala sekolah, 8 guru PJOK, dan 24 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum program kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri Se�Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan telah berjalan dengan baik. pada antecedents guru membuat dan mengumpulkan perangkat pembelajaran, mulai dari promes, prota, silabus, dan RPP serta sarana prasarana yang masih kurang. Pada, trasaction kegiatan Pelaksanaannya, ada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup serta, telah disesuaikan dengan rencana pembelajaran, materi dan proses pelaksanaan, penggunaan sarana dan prasarana disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Pada outcomes evaluasi dibidang akademik hasil belajar siswa sudah sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) Kesimpulan pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri Se-Kecamatan Sampolawa Kabupaten Buton Selatan menunjukkan bahwa secara umum telah berjalan dengan baik. Mulai dari tahapan antecedents evaluation (evaluasi terhadap konteks), trasaction evaluation (evaluasi terhadap proses), outcomes evaluation (evaluasi terhadap hasil)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Program Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:45
Last Modified: 08 Jan 2024 02:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60851

Actions (login required)

View Item View Item