REPRESENTASI BETHETISME PEREMPUAN JAWA PADA FILM TILIK PRODUKSI RAVACANA FILMS: ANALISIS WACANA KRITIS


Nugraha Puji Basuki, 2611417013 (2023) REPRESENTASI BETHETISME PEREMPUAN JAWA PADA FILM TILIK PRODUKSI RAVACANA FILMS: ANALISIS WACANA KRITIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Film menjadi media komunikasi audio visual yang akrab dinikmati segenap masyarakat. Film banyak menuai kepopuleran melalui youtube, salah satunya ialah film Tilik. Film Tilik yang disutradarai oleh Wahyu Agung Prasetyo merupakan sebuah media yang menampilkan kisah nyata yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari. Film ini menggambarkan tentang kaum perempuan Jawa yang menunjukkan ciri khas bethetisme. Untuk mengetahui representasi bethetisme perempuan Jawa pada film Tilik, rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimana konsep bethetisme perempuan Jawa pada film Tilik? (2) Bagaimana posisi subjek-objek pada film Tilik? (3) Bagaimana pemosisian pembaca (penonton) pada film Tilik? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sesungguhnya film Tilik ini mampu merepresentasikan gambaran bethetisme perempuan Jawa. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model penelitian analisis wacana kritis Sara Mills. Data dalam penelitian ini yaitu berupa satuan lingual dalam film Tilik yang mengandung muatan bethetisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana konsep bethetisme perempuan Jawa pada film Tilik yaitu berupa aktivitas verbal untuk menguak hal negatif ataupun positif seseorang yang dibicarakan baik hadir maupun tidaknya seseorang yang dibicarakan tersebut dengan gaya bertutur dan gaya bahasa actor film Tilik. Bethetisme juga menunjukkan power, guyub dan eksistensi perempuan Jawa di dukung dengan konteks budaya. Posisi subjek yang didominasi Bu Tejo yang menjadi narator juru warta kebenaran sedangkan posisi objek didominasi oleh Dian yang digambarkan sebagai perempuan modern dengan stigma negatif. Pemosisian pembaca (penonton) yang membuat pembaca (penonton) ikut merasakan apa yang dirasakan oleh karakter yang tersaji dan dipengaruhi perpektif perempuan dengan ciri khas bethetisme.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: representasi, bethetisme, perempuan Jawa, film Tilik, analisis wacana kritis Sara Mills.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:35
Last Modified: 08 Jan 2024 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60850

Actions (login required)

View Item View Item