PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MATEMATIKA KELAS 3 SD TERANGMAS UNDAAN KUDUS


Heppy Aulya Febtiana, 1102418010 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN MATEMATIKA KELAS 3 SD TERANGMAS UNDAAN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Semarang.

[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran merupakan hal yang paling utama dalam melaksanakan pendidikan di Sekolah. Mengikuti arus perkembangan zaman menuntut adanya sumber daya manusia yang berkualitas terutama siswa dan guru. Namun ternyata belum sepenuhnya tercapai. Berdasarkan observasi awal, SD Terangmas Undaan Kudus ternyata masih terdapat kendala yang dihadapi baik dari siswa maupun guru. Siswa kelas 3 masih terkendala pada pemahaman materi Operasi Hitung Matematika. Banyak siswa yang masih kurang fokus dan kurang minat dalam mengikuti pembelajaran. Sedangkan guru belum mampu membuat pembelajaran menjadi lebih menarik. Guru masih belum bisa memanfaatkan media pembelajaran yang menarik untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis android pada materi Operasi Hitung Matematika terhadap hasil belajar siswa kelas 3 SD Terangmas. Jenis penelitian yang digunakan adalah Development Research dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis android sangat layak untuk digunakan. Hasil ini dapat dilihat dari pengujian terhadap ahli ahli media dan ahli materi. Hasil presentase ahli media 1 diperoleh 86,67%, ahli media 2 diperoleh 83,33%, dan ahli media 3 diperoleh 96,67%. Sehingga rata-rata ketiga ahli media diperoleh sebesar 88,89% termasuk kategori “Sangat Layak”. 2) Hasil uji pretest dan posttest melalui uji t diperoleh sig. (2 tailed) sebesar 0,034 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji efektifitas melalui uji n gain diperoleh skor sebesar 77,2320 atau 77,23% termasuk dalam kategori efektif. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis android efektif digunakan terhadap hasil belajar materi Operasi Hitung Pecahan Matematika pada siswa kelas 3 SD Terangmas Undaan Kudus. Diharapkan dengan adanya pengembangan media berbasis android mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Media Pembelajaran Berbasis Android, Operasi Hitung Matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 08 Jan 2024 02:19
Last Modified: 08 Jan 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60847

Actions (login required)

View Item View Item