KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK, KEPRIBADIAN, DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA
MUHAMMAD ARIF RAHMAN, 0602519089 (2022) KONTRIBUSI KOMPETENSI PEDAGOGIK, KEPRIBADIAN, DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR KECAMATAN KEMBANG KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang: kinerja guru yang belum maksimal yaitu belum semua guru dapat membuat perencanaan pembelajaran dengan baik dan masih rendahnya guru melakukan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran. Tujuan penelitian: (1) menganalisis kontribusi kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (2) menganalisis kontribusi kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (3) menganalisis kontribusi etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (4) menganalisis kontribusi kompetensi pedagogik dan kepribadian terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (5) menganalisis kontribusi kompetensi pedagogik dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (6) menganalisis kontribusi kompetensi kepribadian dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (7) menganalisis kontribusi kompetensi pedagogik, kepribadian, dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental, dengan mengkaji fenomena yang telah terjadi (ex post facto). Subjek penelitian yaitu guru pendidikan jasmani di sekolah dasar se Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara. Sampel penelitian diambil menggunakan total sampling. Pengumpulan data dengan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif terdiri dari uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolonieritas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi positif kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (2) Terdapat kontribusi positif kompetensi kepribadian terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (3) Terdapat kontribusi positif etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan, (4) Terdapat kontribusi positif kompetensi pedagogik dan kepribadian terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (5) Terdapat kontribusi positif kompetensi pedagogik dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (6) Terdapat kontribusi positif kompetensi kepribadian dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani, (7) Terdapat kontribusi positif kompetensi pedagogik, kepribadian dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani. Simpulan: terdapat kontribusi positif antara kompetensi pedagogik, kepribadian, dan etos kerja terhadap kinerja guru pendidikan jasmani sebesar 95.5%. Saran: untuk meningkatkan kinerja guru perlu diadakan program dalam meningkatkan dan mengembangkan kompetensi guru serta pengkajian terhadap etos kerja guru agar guru dapat menjalani profesinya secara maksimal
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Etos Kerja, Kinerja Guru. |
Subjects: | O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 08 Jan 2024 02:17 |
Last Modified: | 08 Jan 2024 02:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60846 |
Actions (login required)
View Item |