PERANCANGAN PARIWISATA OLAHRAGA AIR DARI PENGEMBANGAN KAWASAN DANAU OPI (OGAN PERMATA INDAH) JAKABARING


WIDYA HANDAYANI, 0601619024 (2022) PERANCANGAN PARIWISATA OLAHRAGA AIR DARI PENGEMBANGAN KAWASAN DANAU OPI (OGAN PERMATA INDAH) JAKABARING. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia saat ini melakukan pembangunan pariwisata secara intens di berbagai wilayah, salah satunya di Kota Palembang yang terkenal dengan Sungai Musi sehingga kaya akan wisata air. Selain sungai, terdapat juga danau retensi yaitu Danau OPI (Ogan Permata Indah) Jakabaring sebagai alternatif destinasi wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Danau OPI sebagai wadah untuk olahraga air tradisional yang mengusung kearifan lokal untuk mendukung pengembangan sport tourism. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus mengumpulkan data melalui observasi, angket, dokumentasi, wawancara, dan focus group discussion. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi dan dianalisis secara deskriptif. Hasil mengungkapkan bahwa: 1) kondisi fisik Danau OPI sangat mendukung dan berpotensi untuk dijadikan sebagai medan pengembangan pariwisata olahraga air; 2) Danau OPI memiliki potensi eko, sosial, dan budaya yang menjadi sumber daya bagi strategi dalam upaya pengembangan pariwisata air; 3) terdapat beberapa jenis olahraga air yang ada di Kawasan Danau OPI yaitu perahu dayung, sky air, triathlon dan wisata rekreasi berupa banana boat yang ditarik speed boat serta perahu kayuh (perahu bebek) namun perlu diadakan Perahu Mini Bidar (Pancalang Bidar Rekreasi) sebagai upaya pelestarian tradisi lokal. Melalui temuan tersebut, diharapkan agar sport tourism yang mengusung olahraga air tradisional dapat berkembang khususnya di Danau OPI karena danau tersebut secara fisik, eko, sosial, budaya memiliki potensi untuk dikembangkannya Perahu Mini Bidar Rekreasi. Hasil penelitian juga diharapkan dapat menjadi masukan bagi Pemerintah Kota Palembang agar memiliki perhatian penuh terkait dengan kebijakannya berkenaan dengan pelestarian dan pengembangan perahu Bidar sebagai khasanah budaya lokal. Begitu pula bagi KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) agar lebih giat dalam melaksanakan kegiatan dan promosi berkenaan dengan olahraga tradisional. Selain itu, bagi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) bahwa dengan adanya rancangan pengembangan Danau OPI makalokasi dan sarana yang tersedia dapat dimanfaatkan pula untuk tempat latihan olahraga prestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Sport Tourism, Potensi Pariwisata, Olahraga Air, Perahu Mini Bidar, Danau OPI (Ogan Permata Indah) Jakabaring
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:51
Last Modified: 08 Jan 2024 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60841

Actions (login required)

View Item View Item