PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM BERBASIS CHEMO- ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK


Jesiyanti Suni Amtonis, 0404520020 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM BERBASIS CHEMO- ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI SISTEM KOLOID UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0404520020_Jesiyanti Suni Amtonis - Jesiyanti Suni Amtonis.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari dengan masih terbatasnya sumber belajar yang dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektivan serta tanggapan peserta didik terhadap LKPD praktikum berbasis chemo-entrepersneurship yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan rancangan R&D model ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMAK Sint Carolus Penfui Kupang dan SMA Negeri 1 Insana. Subjek penelitian di SMAK Sint Carolus Penfui Kupang sebanyak 36 peserta didik dan SMA Negeri 1 Insana sebanyak 71 peserta didik. Sumber dan metode pengambilan data meliputi: observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian terdiri atas analisis kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan tanggapan peserta didik. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata validasi ahli materi sebesar 94,37% dengan kategori sangat layak, ahli media sebesar 93,12% dengan kategori sangat layak dan ahli praktisi sebesar 96,66% dengan kategori sangat praktis serta keterbacaan skala kecil sebesar 97,11% dengan kategori sangat baik digunakan. Penggunaan LKPD praktikum pada pembelajaran kimia efektif melatih keterampilan proses sains berdasarkan pengamatan guru terhadap peserta didik selama melakukan kegiatan praktikum yang memperoleh nilai (kelas eksperimen sebesar 88,98% dan kelas kontrol sebesar 84,66% dengan kategori sangat terampil) dan hasil belajar kognitif peserta didik yang ditunjukan dengan perhitungan uji N-Gain yaitu sebesar 79,3%. Tanggapan peserta didik skala besar sebesar 81,19 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa LKPD praktikum berbasis chemo-entrepreneurship yang sangat layak berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yaitu sebesar 94,37% dan 93,12%, sangat praktis berdasarkan ahli praktisi yaitu sebesar 97,11%, efektif melatih keterampilan proses sains yang ditunjukan pada pengamatan guru dan meningkatkan hasil belajar kognitif yang ditunjukan dengan perhitungan N-Gain serta sangat baik digunakan sebagai sumber belajar berdasarkan tanggapan peserta didik yaitu sebesar 81,19%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Chemo-Entrepreneurship, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:53
Last Modified: 05 Jan 2024 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60829

Actions (login required)

View Item View Item