PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK SINTAK “SUDARMIN” TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MEMBEKALI KARAKTER KONSERVASI DAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK
Elva Laila, 0404520013 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROYEK SINTAK “SUDARMIN” TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MEMBEKALI KARAKTER KONSERVASI DAN LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Materi hidrokarbon kajian yang bersifat abstrak dan dekat dengan kehidupan. Observasi terhadap guru kimia, pembelajaran masih menggunakan bahan ajar cetak (modul, LKS, dan buku paket), PPT, dan video pembelajaran. Bahan ajar belum sepenuhnya berbentuk elektronik sementara itu, karakteristik peserta didik cenderung berinteraksi secara digital yang menimbulkan perubahan sikap dan perilaku. Dampak perubahan terlihat pada kemurnian budaya Melayu yang telah terpengaruh budaya asing. Menjaga dan memurnikan kembali kebudayaan Melayu sebagai sumber ilmu pengetahuan, dapat dilakukan melalui kemampuan melestarikan dan mengintegrasikan pengetahuan asli masyarakat Melayu menjadi pengetahuan ilmiah. Peserta didik akan memahami dan menguasai konsep materi hidrokarbon dengan mudah melalui fenomena yang terjadi dilingkungan masyarakat Melayu berbasis proyek terintegrasi etno-STEM. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis proyek sintak “Sudarmin” terintegrasi etno-STEM, menganalisis kelayakan, keefektifan, dan keunggulan e-modul untuk membekali karakter konservasi dan literasi kimia. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Batam menggunakan adalah model 4D (define, design, develop, dissemination). E-modul divalidasi dan dinyatakan layak oleh ahli materi, media, dan praktisi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian kemudian dilakukan analisis respon peserta didik, bekal karakter konservasi dan literasi kimia. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) penelitian telah menghasilkan bahan ajar e-modul berbasis proyek sintak “Sudarmin” terintegrasi etno-STEM kearifan lokal Melayu pada materi hidrokarbon; 2) e-modul layak sebagai sumber belajar pada pembelajaran kimia hidrokarbon tingkat SMA/MA sederajat berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media dan kepraktisan guru sebesar 0,87; 0,87; dan 0,79; 3) e-modul efektif membekali karakter konservasi pada indikator peduli lingkungan dan cinta lingkungan sebesar 29% atau kategori “sedang” dan literasi kimia yang mengacu pada 3 komponen berdasarkan hasil uji N-gain sebesar 0,76 atau kategori “tinggi”; 4) e-modul memberikan pemahaman materi hidrokarbon secara terpadu melalui rekonstruksi kearifan lokal Melayu untuk bisa berfikir logis, kritis, analitis, dan afektif melalui penguatan pengetahuan, keterampilan, sikap, kepedulian dan kecintaan pada lingkungan masyarakat Melayu, dilihat dari hasil respon peserta didik sebesar 0,84 atau kategori “sangat tinggi”, namun e-modul perlu untuk diujikan dengan jumlah peserta didik yang lebih banyak dengan sekolah yang berbed
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul; etno-STEM; karakter konservasi; literasi kimi |
Subjects: | L Education > Special Education > Chemistry Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 06:43 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 06:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60828 |
Actions (login required)
View Item |