Analisis Implementasi Model PjBL Terintegrasi Chemoentrepreneurship (CEP) Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Di Kabupaten Tebo


Miranda Oxtariani, 0404520010 (2022) Analisis Implementasi Model PjBL Terintegrasi Chemoentrepreneurship (CEP) Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Di Kabupaten Tebo. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0404520010_Miranda Oxtariani - Miranda Oxtariani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah penerapan model PjBL-CEP, implementasi model PjBL-CEP dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 di Kabupaten Tebo dan untuk mengetahui korelasi antara tugas proyek dengan hasil tes soal kemampuan berpikir kreatif. Desain penelitian yang digunakan adalah mix method dengan pendekatan sequential eksplanatory pretest- posttest only. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total random sampling dimana sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, tes soal esai kemampuan berpikir kreatif, observasi dan dokumentasi. Data diperoleh dan dianalisis menggunakan analisis Miles & Huberman dan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan korelasi antara tugas proyek dengan nilai soal esai kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,43 dalam kategori sedang. Pembelajaran kimia PjBL-CEP pada penelitian ini berjalan dengan baik dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dan mendorong peserta didik untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PjBL-CEP cukup efektif dalam melatih kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hidrolisis garam, Kemampuan berpikir kreatif dan Model PjBL- CEP.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:36
Last Modified: 05 Jan 2024 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60827

Actions (login required)

View Item View Item