PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI KOLOID UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK


ENDIYANA PRATIWI, 0404520006 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL FLIPBOOK TERINTEGRASI ETNO-STEM PADA MATERI KOLOID UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0404520006 - Endiyana - Endiyana Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tantangan ekonomi global abad 21 membutuhkan sumber daya manusia dengan keterampilan generik yang mendukung fleksibilitas, adaptasi dan kemampuan bekerja. Keterampilan generik sains merupakan keterampilan yang harus dicapai siswa melalui penguasaan kompetensi. Keterampilan sains generik dapat dikembangkan dengan bahan ajar e-modul STEM terintegrasi etnosains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi e-modul berisi etnosains terintegrasi STEM terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2, XI IPA 3, dan XI IPS 2 SMA Institut Indonesia Semarang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes beralasan pilihan ganda untuk mengukur keterampilan generik sains siswa, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar e- modul. Instrumen penelitian berupa bahan ajar e-modul yang berisi Etnosains terintegrasi STEM, soal tes dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, dan penentuan koefisien determinasi. Hasil rata-rata keterampilan generik sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0.656; 0.47; dan 0.39. Perhitungan validasi hasil material sebesar yang diperoleh sebesar 76.5 dan ahli media sebesar 71.5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-book berisi etnosains terintegrasi STEM berpengaruh terhadap keterampilan generik sains pada koloid.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Etnosains, STEM, Keterampilan Generik Sains, E-Modul.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:28
Last Modified: 05 Jan 2024 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60826

Actions (login required)

View Item View Item