PENGEMBANGAN E-MODUL CAHAYA DAN ALAT OPTIK BERBASIS AKTIVITAS SAINS UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK


Novita Kusuma Wardani, 0402520030 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL CAHAYA DAN ALAT OPTIK BERBASIS AKTIVITAS SAINS UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0402520030_Novita Kusuma Wardani - Ibnu Azam Alfansuri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah adanya miskonsepsi pada peserta didik dalam mempelajari materi cahaya dan alat optik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa electronic module (e-modul) berbasis aktivitas sains dalam upaya mereduksi miskonsepsi peserta didik pada materi cahaya dan alat optik. Tujuan khusus penelitian adalah: (1) menganalisis karakteristik e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains dalam pembelajaran; (2) menganalisis kelayakan e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains dalam pembelajaran; (3) menganalisis efektifitas penggunaan e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik sehingga dapat meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik; dan (4) menganalisis kepraktisan e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains sebagai media pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 17 Semarang tahun ajaran 2022/2023. Hasil analisis, desain, dan pengembangan produk berupa e-modul berbasis aktivitas sains diimplementasikan kepada 32 peserta didik kelas VIII A. Merujuk pada hasil penelitian, diperoleh bahwa e-modul cahaya dan alat optik memiliki karakteristik berbasis aktivitas sains, dengan soal evaluasi berbentuk three tiers atau tiga pilihan jawaban, terintegrasi media barcode, gambar, dan video melalui link YouTube. Hasil validasi ahli materi dan ahli media yang diperoleh termasuk kategori sangat layak sehingga e-modul sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk bahan ajar. Berdasarkan implementasi, diperoleh rerata nilai pretest sebesar 50,75, rerata nilai posttest sebesar 73,56, dengan N-gain 0,50 termasuk kategori sedang, sehingga e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains efektif dalam mereduksi miskonsepsi peserta didik dan dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Tingkat kepraktisan e-modul cahaya dan alat optik berbasis aktivitas sains termasuk kategori sangat praktis, sehingga memberikan manfaat kemudahan dan mampu mereduksi miskonsepsi peserta didik dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: e-modul, aktivitas sains, miskonsepsi, tes three-tiers.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:56
Last Modified: 05 Jan 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60814

Actions (login required)

View Item View Item