PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH TAKALAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK SMA


Sovi Junita Eviyanti, 0402520026 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DAERAH TAKALAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI PESERTA DIDIK SMA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0402520026_SOVI JUNITA EVIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan tata cara untuk mendefinisikan, memahami, menganalisis masalah yang nantinya berakhir dengan menemukan solusi permasalahan tersebut, sehingga penerapan pembelajaran di sekolah tidak sekedar hanya memberikan materi saja melainkan melatih siswa untuk menyelesaikan permasalahan. Salah satu kemampuan yang dasar dan utama yaitu literasi dasar. Peningkatan literasi siswa ini dapat diupayakan melalui proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat dimanfaatkan adalah keberadaan buku ajar. Penelitian ini bertujuan 1) untuk Mendeskripsikan Karakteristik, 2) menganalisis kevalidan, 3) menganalisis kepraktisan dan 4) menganalisis kefektifan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Daerah Takalar untuk meningkatkan kemampuan literasi Peserta Didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R &D) dengan menggunakan tipe 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dengan jumlah 141 yang terdiri atas uji skala kecil dan besar. Pengambilan data dilakukan dengan angket lembar validasi perangkat, angket respon pendidik dan peserta didik, dan instrumen tes literasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal daerah takalar valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains, data dan lingkungan. Karakteristik bahan ajar berbasis kearifan local daerah takalar memiliki Materi bahan ajar perubahan lingkungan di daerah takalar, dimana materi dikaitkan dengan informasi actual dengan bantuan data-data yang valid, Bahan Ajar yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid, dan instrumen tes literasi memiliki kriteria valid dan reliabel sehingga dapat dijadikan alat untuk mengukur kemampuan literasi, Kepraktisan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Daerah Takalar memiliki kriteria sangat praktis. Keefektifan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Daerah Takalar diperoleh dari deskripsi pencapaian kemampuan literasi, N-gain termasuk kategori tinggi, uji statistik (normal, homogen dan peningkatan yang signifikan). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Daerah Takalar termasuk kategori valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan literasi peserta didik kelas X di SMA

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar berbasis kearifan lokal daerah takalar,literasi, N-gain
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:47
Last Modified: 05 Jan 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60813

Actions (login required)

View Item View Item