PENGEMBANGAN EDUKEPENDUDUKAN DIGITAL DI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK) KABUPATEN KENDAL DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL4 (SDG4)


Endah Septiani, 0301520014 (2022) PENGEMBANGAN EDUKEPENDUDUKAN DIGITAL DI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN (SSK) KABUPATEN KENDAL DALAM MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOAL4 (SDG4). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0301520014_Endah Septiani - Endah Septiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian disebabkan oleh jumlah penduduk di Indonesia diperkirakan akan semakin naik. Agenda pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) terus mendorong munculnya upaya dalam mengantisipasi hal ini melalui pendidikan kependudukan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam pendidikan kependudukan, mengembangkan EduKependudukan digital, mengimplementasikan EduKependudukan digital di Sekolah Siaga Kependudukan, dan menganalisis efektivitas EduKependudukan digital dalam mewujudkan generasi berencana sebagai upaya SDG 4 (pendidikan berkualitas). Tahapan metode dalam penelitian ini (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draft produk (4) Uji coba awal (5) Merevisi hasil uji coba (6) Uji coba lapangan (7) Penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) Uji pelaksanaan lapangan dan implementasi. Hasil penelitian menunjukkan belum adanya media integrasi pendidikan kependudukan dalam bentuk digital, sehingga disusunlah skema EduKependudukan digital. Mengingat sasaran dari pendidikan kependudukan adalah generasi muda yang perlu diikuti perkembangan karakteristik usianya, maka perlu adanya model pendidikan kependudukan yang berbasis teknologi. Implementasi EduKependudukan digital menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dari pengetahuan dan kesadaran siswa pada isu kependudukan yang terjadi di Indonesia. EduKependudukan digital yang telah dibuat bisa digunakan sebagai media sosialisasi kependudukan untuk siswa sekolah menengah sebagai salah satu upaya dalam mewujudkan Sustainable Development Goal 4 (SDG 4) yaitu pendidikan berkualitas. Rekomendasi dari penelitian ini agar aplikasi EduKependudukan digital dapat dimanfaatkan bagi para siswa sekolah menengah dalam upaya menyadarkan akan isu kependudukan yang sedang dihadapi bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: edu kependudukan digital, SDGs
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:06
Last Modified: 05 Jan 2024 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60804

Actions (login required)

View Item View Item