Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang


Rizki Umi Nurbaeti , 1402407179 (2011) Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang]
Preview
PDF (Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, diperlukan guru profesional yang menguasai kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk dapat menguasai empat kompetensi tersebut, guru perlu meningkatkan tingkat pendidikannya, aktif mengikuti pelatihan, dan menjadikan pengalaman mengajar sebagai guru yang terbaik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar berpengaruh terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dan seberapa besar pengaruh pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar tersebut terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru kelas Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang yang berjumlah 38 orang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan dokumentasi. Metode kuesioner digunakan untuk mengambil data profesionalisme guru. Metode dokumentasi untuk mengambil data tingkat pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar guru. Pengujian instrumen yaitu dengan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan olah data menggunakan program SPSS versi 17.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 109,378 + 6,880 X1 + 0,879 X2 + 0,509 X3. Persamaan tersebut berarti bahwa pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar secara bersamasama berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru. Hal tersebut juga dibuktikan dengan nilai Fhitung = 36,994 dan Ftabel = 2,88 pada taraf signifikansi 0,05, berarti Fhitung > Ftabel. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,765, menunjukkan bahwa pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru sebesar 76,5%. Jadi, berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pendidikan, pelatihan, dan pengalaman mengajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap profesionalisme guru Sekolah Dasar di Daerah Binaan IV Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pelatihan, pengalaman mengajar, profesionalisme guru.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2011 06:20
Last Modified: 25 Apr 2015 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item