Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon
Deuis Daniyati Rofi’ah , 1402407082 (2011) Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Peningkatan Hasil Belajar PKn Materi Globalisasi Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Make A Match Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penggunaan metode dan teknik yang kurang tepat dalam membelajarkan PKn di kelas tentunya akan membawa kondisi kelas yang tidak lagi nyaman bagi siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini terjadi pada keberhasilan siswa kelas IV SD Negeri 2 Dawuan Kabupaten Cirebon sebesar 46,9% dengan rata-rata nilai 63,59. Dengan pembelajaran kooperatif teknik make a match diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan performansi guru pada mata pelajaran PKn khususnya materi globalisasi. Globalisasi adalah proses masuknya sesuatu ke ruang lingkup dunia. Salah satu cirinya adalah adanya sikap saling ketergantungan antar satu negara dengan negara lain. Keberadaan globalisasi ini membawa pengaruh, baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Dalam menghadapi pengaruh globalisasi, maka kita perlu mempersiapkan diri agar dapat mengambil pengaruh positif globalisasi dan menangkal pengaruh negatifnya. Pembelajaran kooperatif teknik make a match merupakan pembelajaran yang menggunakan sistem gotong royong sebagai strategi pembelajarannya sehingga mampu memotivasi siswa untuk aktif dalam pembelajaran di kelas. Salah satu keunggulannya yaitu siswa dapat belajar mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep dalam suasana yang menyenangkan. Teknik make a match membawa beberapa manfaat bagi siswa, salah satunya adalah teknik pembelajaran make a match mampu menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata PKn yaitu 69,69 dengan tuntas belajar klasikal sebesar 66,67%, sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya yaitu 79,54 dengan tuntas belajar klasikal 100%, maka terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Aktivitas siswa pada siklus I yaitu 68,75% sedangkan pada siklus II yaitu 89,58% sehingga terjadi kenaikan sebesar 20,83%. Performansi guru pada siklus I yaitu 89,50% sedangkan pada siklus II yaitu 93,44%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif teknik make a match pada mata pelajaran PKn materi globalisasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa di kelas, dan performansi guru.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Globalisasi, Make A Match, Hasil Belajar. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Oct 2011 06:15 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6074 |
Actions (login required)
View Item |