Komparasi Metode Snowball Throwing dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Daur Air Siswa Kelas V Di SD Negeri Kraton 02 dan 05 Kota Tegal


Supiyon , 1402407183 (2011) Komparasi Metode Snowball Throwing dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Daur Air Siswa Kelas V Di SD Negeri Kraton 02 dan 05 Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Komparasi Metode Snowball Throwing dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Daur Air Siswa Kelas V Di SD Negeri Kraton 02 dan 05 Kota Tegal]
Preview
PDF (Komparasi Metode Snowball Throwing dengan Metode Kerja Kelompok Terhadap Hasil Belajar Daur Air Siswa Kelas V Di SD Negeri Kraton 02 dan 05 Kota Tegal) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di sekolah dasar memiliki hubungan logis dengan aktifitas guru. Penggunaan metode cukup berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan metode dalam pembelajaran harus dapat memberikan interaksi kepada siswa untuk dapat mengembangkan sikap kerjasama. Tidak sedikit juga guru yang menerapkan pembelajaran kerja kelompok yang mengembangkan sikap kerjasama dengan siswa lain walaupun belum maksimal. Di dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa metode atau teknik pembelajaraan antara lain metode snowball throwing. Untuk menngetahui metode mana yang lebih baik antara metode snowball throwing dengan metode kerja kelompok, maka dilakukan penelitian komparasi metode snowball throwing dengan metode kerja kelompok terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang muncul adalah apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan kedua metode tersebut serta mana yang mempunyai nilai lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi daur air di SD Negeri Kraton 02 dan 05 Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di komplek SD Negeri Kraton Kota Tegal. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V SD Negeri Kraton 02 sebagai kelas snowball throwing (eksperimen 1), siswa kelas V SD Negeri Kraton 05 sebagai kelas kerja kelompok (eksperimen 2). Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode snowball throwing dan metode kerja kelompok sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan SPSS 17 uji t Independent Samples Test. Hasil penelitian mengenai hasil belajar pada kedua kelas didapat nilai rata-rata kelas snowball throwing sebesar 77,5 sedangkan kelas kerja kelompok sebesar 64,8. Dari perhitungan SPSS 17 diperoleh t hitung untuk kelas snowball throwing dan kelas kerja kelompok sebesar 2,18. Bandingkan t hitung dengan t tabel, taraf signifikansi menggunakan 0,05 (confidence interval 95 %) df 47 diperoleh t tabel sebesar 1,69. Karena t hitung > t tabel, maka H0 ditolak dan secara otomatis Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas snowball throwing dengan kelas kerja kelompok pada pembelajaran IPA materi daur air. Selain itu rata-rata kelas snowball throwing lebih tinggi jika dikomparasikan (dibandingkan) dengan rata-rata kelas kerja kelompok. Sedangkan penelitian mengenai kegaitan kelompok kedua kelas didapat skor rata- rata kelas snowball throwing sebesar 71,56 dan kelas kerja kelompok sebesar 61,86 serta melihat dari kedua angka tersebut yang berbeda secara signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan kelompok kelas snowball throwing lebih tinggi jika dikomparasikan (dibandingkan) dengan kelas kerja kelompok pada pembelajaran IPA materi daur air. Harapan dari penulis adalah agar guru menggunakan metode snowball throwing dalam pembelajaran karena selain dapat meningkatkan hasil belajar, metode ini juga memberikan nuansa yang baru dalam pembelajaran yaitu adanya unsur permainan dan ketua kelompok yang bertugas sebagai tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Metode Snowball Throwing, Kerja Kelompok, pembelajaran kooperatif, Hasil Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 Oct 2011 04:38
Last Modified: 25 Apr 2015 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6073

Actions (login required)

View Item View Item