Kesesuaian Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dalam Silabus Aspek Membaca di SMP Negeri 3 Batang Tahun Pelajaran 2010/2011
Setyana Laspar Vianti , 2102407201 (2011) Kesesuaian Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dalam Silabus Aspek Membaca di SMP Negeri 3 Batang Tahun Pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Kesesuaian Pengembangan Indikator pada Kompetensi Dasar dalam Silabus Aspek Membaca di SMP Negeri 3 Batang Tahun Pelajaran 2010/2011)
- Published Version
Download (530kB) | Preview |
Abstract
Indikator merupakan jabaran kompetensi dasar yang menjadi kriteria keberhasilan pencapaian kompetensi dasar. Dalam mengembangkan kompetensi dasar ke dalam indikator, diperlukan kesesuaian antara keduanya. Kesesuaian inilah yang akan diteliti pada silabus KTSP di SMP Negeri 3 Batang tahun ajaran 2010/2011, khususnya aspek membaca. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimanakah kesesuaian pengembangan indiktor pada kompetensi dasar dalam silabus KTSP aspek membaca di SMP Negeri 3 Batang tahun ajaran 2010/2011? Tujun penelitian ini yaitu mendeskripsikan kesesuaian pengembangan indikator pada kompetensi dasar dalam silabus KTSP aspek membaca di SMP N 3 Batang tahun 2010/2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah silabus mata pelajaran Bahasa Jawa KTSP 2010 kelas VII, VIII, IX SMP Negeri 3 Batang tahun ajaran 2010/2011. Data penelitian berupa rumusan indikator yang terdapat dalam silabus KTSP 2010. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik dokumentasi dan teknik wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengklasifikasian data. Data penelitian yang telah dianalisis dan disimpulkan akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu 1) Indikator yang sesuai dengan KD, yaitu (a) kelas VII, terdapat 19 indikator yang sesuai; (b) Kelas VIII, terdapat 16 indikator yang sesuai (c) Kelas IX, terdapat 8 indikator yang sesuai 2) Indikator yang tidak sesuai dengan KD (a) Kelas VII, terdapat 14 indikator yang tidak sesuai (b) Kelas VIII, terdapat 27 indikator yang tidak sesuai; (c) Kelas IX, terdapat 22 indikator yang tidak sesuai. Saran yang dapat diberikan yaitu dalam mengembangkan indikator hendaknya lebih teliti dan memperhatikan kesesuaian indikator pada KD agar pembelajaran berlangsung dengan baik menurut indikator yang sudah dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | indikator, kompetensi dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Oct 2011 03:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6069 |
Actions (login required)
View Item |