(ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA PGRI 3 TAYU KABUPATEN PATI

Ani’ Bariroh, 3301403073 (2007) (ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA PGRI 3 TAYU KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF ((ABSTRAK) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA PGRI 3 TAYU KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (140Kb)

    Abstract

    Mengatasi kejenuhan siswa belajar akuntansi membutuhkan adanya kreatifitas guru dalam menciptakan metode pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan karakteristik materi pelajaran. Untuk membangunkan minat siswa belajar akuntansi perlu ada inovasi proses pembelajaran yang disesuaikan dengan media pembelajaran yang ada. Proses pembelajaran perlu diterapkan dengan berbagai metode sehingga mampu membekali siswa ketrampilan belajar untuk dapat mencapai kompetensi yang diharapkan, salah satunya adalah dengan penerapan pendekatan kontekstual berbantuan LKS. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.) Bagaimanakah implementasi pendekatan kontekstual dengan menggunakan LKS?, 2.) Apakah ada perbedaan prestasi belajar Akuntansi pada siswa antara penerapan metode kontekstual berbantuan LKS dengan metode pembelajaran konvensional?, 3.) Apakah Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan LKS memberikan ketuntasan belajar bagi siswa?. Tujuan penelitian ini adalah: 1.) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan kontekstual dengan menggunakan LKS, 2.) Untuk mengetahui prestasi belajar Akuntansi pada siswa antara penerapan pendekatan kontekstual berbantuan LKS dengan pembelajaran konvensional, 3.) Untuk memberikan ketuntasan belajar bagi siswa pada pokok bahasan pencatatan transaksi ke jurnal di perusahaan dagang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. IS SMA PGRI 3 Tayu Kabupaten Pati tahun ajaran 2006/2007 berjumlah 172 yang berasal dari kelas XI. IS 1 sampai XI. IS 4. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 88 siswa yang terdiri atas 44 siswa kelas XI. IS 3 sebagai kelas eksperimen dan 44 siswa kelas XI. IS 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel yang diteliti adalah Implementasi pendekatan kontekstual berbantuan LKS (X) dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA PGRI 3 Tayu kabupaten Pati (Y). Data diperoleh melalui teknik dokumentasi, tes. Metode analisis data awal melalui rumus Matched Group Design. Sedangkan analisis data akhir menggunakan analisis deskriptif dan penggunaan teknik statistik t test untuk menguji ketuntasan prestasi belajar dan perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil analisis data awal, diperoleh Me= 47,36 dan Mk= 47,57. Uji varians matching diketahui pada = 5 % dengan dk pembilang = nb-1= 43 dan dk penyebut = nk–1= 43 , diperoleh = 1,3131< =1,83. Karena < , maka dapat disimpulkan bahwa sebelum dilakukan perlakuan kedua kelompok mempunyai varian yang sama. Hal ini diperkuat dengan hasil perhitungan t-matching yang menunjukkan hasil = -0,146 < = 2,32672, hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok mempunyai keadaan awal yang sama. Berdasarkan uji perbedaan rata-rata prestasi belajar dari nilai post-test, diketahui = 5 % dengan dk= 44+44-2 diperoleh = 10,417 sedangkan = 1,99 yang menunjukkan kelompok eksperimen mempunyai prestasi belajar yang lebih baik daripada kelompok kontrol. Dari hasil uji ketuntasan belajar kelompok eksperimen diketahui nilai rata-rata post-test sebesar 80,80 diperoleh = 16,7476 > = 2,0167 sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan. Sedangkan untuk kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 64,55 diperoleh = 4,8138 > = 2,0167, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol juga mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil tersebut kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi pendekatan kontekstual berbantuan LKS sebagai praktik akuntansi manual pada mata pelajaran akuntansi dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan penerapan pendekatan konvensional. Mangacu pada hasil penelitian, maka disarankan: 1.) Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan LKS perlu ditindak lanjuti dan dikembangkan sebagai salah satu alternatif variasi pembelajaran akuntansi sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa serta nilai afektif siswa agar tercapai kompetensi yang diinginkan, 2.) Guru hendaknya mampu menciptakan kreatifitas dalam pembelajaran akuntansi, sehingga pelajaran akuntansi menjadi lebih menyenangkan serta mampu meningkatkan motivasi siswa dalam menggali potensi dan kemampuan yang dimiliki, 3.) Bagi peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan menambah variabel lain seperti minat dan menambah populasi dan sampel sehingga simpulan yang diperoleh dapat digunakan untuk menggeneralisasikan ke populasi yang lebih besar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Kontekstual, LKS, Prestasi Belajar Siswa
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 21 Oct 2011 03:37
    Last Modified: 21 Oct 2011 03:37

    Actions (login required)

    View Item