Pengembangan E-Booklet Keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara sebagai Suplemen Sub Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Melatih Komunikasi Lisan


Laela Noor Fa'izah, 0402519014 (2023) Pengembangan E-Booklet Keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara sebagai Suplemen Sub Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Melatih Komunikasi Lisan. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Jurnal Laela Noor Faizah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[thumbnail of Tesis Laela Noor Faizah_final.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of Tesis Laela Noor Faizah_final-bagian depan.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)

Abstract

Hasil observasi diperoleh ketersediaan sumber belajar yang digunakan masih kurang beragam dan belum mendukung tujuan pembelajaran yang dicapai. Sumber belajar yang digunakan masih terbatas pada buku paket, Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Power Point (PPt). Keanekaragaman hayati di Pantai Bondo Jepara sangat tinggi yang belum dimanfaat sebagai sumber belajar biologi di SMA Islam Nusantara dan SMA PGRI Jepara. Lingkungan sekitar sekolah belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena belum mewakili komponen keanekaragaman hayati. Oleh karena itu, Pantai Bondo Jepara merupakan tempat yang representatif untuk dijadikan sumber belajar yang dekat dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan menggembangkan e-booklet keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara secara faktual, tersusun sitematis sesuai dengan materi, valid, efektif terhadap hasil belajar dan ketrampilan komunikasi lisan pada sub materi klasifikasi makhluk hidup, serta mendapatkan respon yang sesuai dari para siswa. Metode penelitian menggunakan Research And Development dengan model ADDIE. Data penelitian ini dianalisis karakteristik, validitas, efektifitas, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukan: 1) karakteristik e-booklet keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara bersifat faktual, yang disusun secara sistematis sehingga dapat mencapai TP 10.1 sampai 10.3. 2) E-booklet keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo sangat valid dan layak untuk digunakan. 3) Sumber belajar e-booklet keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara efektif berdasarkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik dalam melatih ketrampilan komunikasi lisan siswa. 4) Respon siswa terhadap e-booklet keanekaragaman Mollusca di Pantai Bondo Jepara yang dikembangkan termaksud dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-booklet, Mollusca, Klasifikasi Makhluk Hidup, Hasil Belajar Kognitif, Komunikasi Lisan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 13 Nov 2023 10:19
Last Modified: 13 Nov 2023 10:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60635

Actions (login required)

View Item View Item