Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Stop Motion dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD


Laila Silmi Kaffah, 0103522006 (2023) Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Animasi Stop Motion dalam Meningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of Tesis cover sampai daftar isi] PDF (Tesis cover sampai daftar isi) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Tesis Full] PDF (Tesis Full) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Jurnaal Publish] PDF (Jurnaal Publish) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan kondisi awal pembelajaran di SDN Dadapayam Kabupaten Semarang, yaitu kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS yang masih rendah, serta penggunaan model dan media pembelajaran yang belum bervariatif berakibat kepada kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penggunaan model Problem Based Learning berbantuan video animasi stop motion dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis karena adanya suatu permasalahan yang harus diselesaikan siswa, dibantu dengan video animasi stop motion yang dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan model Problem Based Learning berbantuan video animasi stop motion dalam meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model Problem Based Learning berbantuan video animasi stop motion dalam meningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas VI SDN Dadapayam 01 kelas pertama berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VI SDN Dadapayam 02 kelas kedua berjumlah 20 siswa sebagai kelas kelas kontrol. Data hasil penelitian dikumpulkan untuk kemudian dihitung dan dianalisis dengan menggunakan program bantuan SPSS 24. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SDN Dadapayam 01 dan siswa kelas VI SDN Dadapayam 02 pada pembelajaran IPS setelah melaksanakan kegiatan belajar menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi stop motion grafis dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video animasi stop motion cut out. Hasil uji t berdasarkan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, problem Based Learning, video animasi, stop motion.
Subjects: L Education > Special Education > Primary school education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:07
Last Modified: 07 Nov 2023 08:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60620

Actions (login required)

View Item View Item