Pengembangan E-Modul Praktikum Berbasis Liveworksheets Berbantuan Tracker untuk Analisis Getaran Teredam


Rizka Khoirunnisa, 4201419035 (2023) Pengembangan E-Modul Praktikum Berbasis Liveworksheets Berbantuan Tracker untuk Analisis Getaran Teredam. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI.pdf] PDF - Published Version
Download (456kB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKA KHOIRUNNISA_lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of SK DOSBING_RIZKA KHOIRUNNISA_4201419035.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of SK PENGUJI.pdf] PDF
Download (200kB)
[thumbnail of NOTA BUKU RIZKA KHOIRUNNISA.pdf] PDF
Download (27kB)
[thumbnail of ARTIKEL_RIZKA KHOIRUNNISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 lebih mengandalkan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran. Dengan teknologi, guru dapat menjadi fasilitator penyedia kebutuhan belajar berupa sumber dan media pembelajaran. Hasil observasi di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran Fisika masih jarang dilaksanakan praktikum. Hal ini dikarenakan keterbatasan alat dan bahan serta panduannya. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi berupa pelaksanaan praktikum serta panduan praktikum yang terintegrasi dengan teknologi. Teknologi berupa Tracker digunakan untuk menganalisis getaran teredam yang berkaitan dengan fenomena shock absorber sepeda motor. Melihat tingginya pemakaian sepeda motor oleh peserta didik maka perlu adanya pengetahuan keselamatan kerja dalam penggunaannya. Keselamatan kerja merupakan sub materi Fase E Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis getaran teredam dan mendapatkan karakteristik, validitas, serta kelayakan e-modul praktikum berbasis Liveworksheets berbantuan analisis Tracker. Jenis penelitian yang dilakukan adalah RnD dengan model 4D sampai pada tahap develop. Penelitian dilakukan di Fisika Universitas Negeri Semarang. Metode pengumpulan data melalui metode validasi oleh dosen fisika UNNES dan guru fisika SMA, dokumentasi, dan angket oleh mahasiswa fisika UNNES. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik praktikum getaran teredam pada penelitian ini menggunakan 5 macam fluida berupa produk air, sabun, dan minyak goreng sebagai peredam. Getaran didapatkan dari bola pingpong yang disimpangkan ke bawah sejauh 2 cm di dalam fluida kemudian direkam menggunakan kamera gawai. Adapun video praktikum direkam di luar ruangan yang terang menggunakan background yang kontras dengan bola pingpong. Hasil video dianalisis menggunakan tracker untuk memvisualisasikan pola getaran teredam yang dihasilkan oleh masing-masing fluida. Pola getaran digunakan untuk menentukan konstanta redaman (b) dengan ketelitian tinggi. Karakteristik e-modul praktikum berbasis liveworksheets berbantuan tracker untuk analisis getaran teredam mencakup self-instructional, self-contained, stand alone, adaptive, dan user friendly. E-modul praktikum dilengkapi dengan panduan analisis data menggunakan tracker serta panduan untuk pendidik dan peserta didik. Di samping itu, e-modul praktikum dapat diakses melalui gawai maupun komputer baik secara online maupun offline dengan mengunduh e-modul dalam bentuk pdf. Pengembangan e-modul praktikum berbasis Liveworksheets berbantuan Tracker untuk analisis getaran teredam mendapat penilaian oleh ahli terhadap segi materi, media, dan teknologi. Rerata persentase keseluruhan mencapai 86,20% dengan kategori sangat layak. Adapun hasil penilaian dan tanggapan responden diperoleh data rerata persentase sebesar 87,8% dengan tingkat kelayakan yang termasuk kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul Praktikum, Getaran Teredam, Liveworksheets
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:20
Last Modified: 01 Nov 2023 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60569

Actions (login required)

View Item View Item