Analisis Kompetensi Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan E-LKPD Interaktif pada Materi Sistem Koloid


Desy Dwi Handayani, 4301419061 (2023) Analisis Kompetensi Literasi Sains dengan Model Pembelajaran Self-Organized Learning Environment (SOLE) Berbantuan E-LKPD Interaktif pada Materi Sistem Koloid. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of 1. Skripsi Cover sampai Daftar Isi Desy Dwi Handayani.pdf] PDF - Published Version
Download (341kB)
[thumbnail of 2. Skripsi Lengkap_Desy Dwi Handayani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of 3. Surat Undangan Ujian_Desy Dwi Handayani.pdf] PDF - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of 4. SK Pembimbing_Desy Dwi Handayani.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of 5. Bukti pembelian sumbangan buku_Desy Dwi Handayani.pdf] PDF - Published Version
Download (152kB)
[thumbnail of 6. Artikel JIPK Desy Dwi Handayani 4301419061.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Hasil PISA pada tahun 2018 menunjukkan bahwa literasi sains peserta didik di Indonesia dalam kategori rendah. Rendahnya literasi sains dipengaruhi oleh model, media, bahan ajar, LKPD dan alat evaluasi yang digunakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi literasi sains peserta didik dengan model pembelajaran Self-Organised Learning Environment (SOLE) berbantuan E-LKPD interaktif pada materi koloid dan mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 4 Semarang yang berjumlah 35 yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal pilihan ganda kompetensi literasi sains sebanyak 20 butir dan lembar angket sebanyak 15 butir pernyataan. Metode pengumpulan data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket, sedangkan pengumpulan data kualitatif dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kompetensi literasi sains peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Semarang pada materi sistem koloid setelah diterapkan dengan model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD interaktif yaitu 78,71%. Angka tersebut menunjukkan kompetensi literasi sains peserta didik dalam kategori baik. Model pembelajaran SOLE berbantuan E-LKPD interaktif pada materi sistem koloid memperoleh respon peserta didik dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi literasi sains, SOLE, sistem koloid, E-LKPD interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 03 Nov 2023 02:15
Last Modified: 03 Nov 2023 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60565

Actions (login required)

View Item View Item