Pengembangan E-Modul Praktikum Efek Doppler Gerak Linier Berpendekatan Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis


Herlina Priyatna, 4201419090 (2023) Pengembangan E-Modul Praktikum Efek Doppler Gerak Linier Berpendekatan Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of Skripsi Lina 10-1-14.pdf] PDF
Download (606kB)
[thumbnail of Skripsi Lina 10.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[thumbnail of skdosbing_4201419090_Herlina Priyatna.pdf] PDF
Download (237kB)
[thumbnail of SK PENGUJI.pdf] PDF
Download (223kB)
[thumbnail of Nota Buku Perpus.pdf] PDF
Download (78kB)
[thumbnail of Artikel Lina.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi & informasi abad ke-21 memberikan dampak pada pendidikan agar peserta didik mampu berpikir kritis, dan dapat mempelajari teknologi. Perkembangan teknologi mendukung proses pengembangan media pembelajaran untuk mempermudah pembelajaran. Dalam fisika perlu melakukan praktikum supaya peserta didik punya kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran yang bisa diterapkan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis peserta didik adalah guided inquiry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, menghasilkan kevalidan dan kelayakan e-modul, serta keefektifan dari e-modul praktikum efek Doppler berpendekatan guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangannya yaitu 4D, namun hanya sampai pada tahap develop. Subjek penelitian yaitu 20 peserta didik pada skala kecil dan 34 peserta didik SMA N 8 Semarang untuk skala besar. Teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian pengembangan e�modul ini memperoleh nilai validasi sebesar 96.1% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil dari respon peserta didik mendapatkan 89.81% pada skala kecil dan 93.86% pada uji coba skala besar. Peningkatan tertinggi kemampuan berpikir kritis yaitu pada indikator inferensi sebesar 0.37 dengan kategori sedang dan peningkatan terendah pada evaluasi yaitu sebesar 0.03 dengan kategori rendah. Berdasarkan rata-rata N-gain maka dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik mencapai 0.66 dengan kriteria sedang. E-modul praktikum dapat digunakan sebagai alternatif praktikum efek Doppler dengan memanfaatkan perkembangan teknologi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Efek Doppler, E-Modul Praktikum, dan Guided Inquiry.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2023 07:49
Last Modified: 31 Oct 2023 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60552

Actions (login required)

View Item View Item