Pengembangan e-LKPD Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Liveworksheets pada Materi Resonansi Gelombang Bunyi


Saifulana Puji Dwi Witantri, 4201419056 (2023) Pengembangan e-LKPD Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Liveworksheets pada Materi Resonansi Gelombang Bunyi. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of COVER-DAFTAR ISI TANPA DAFTAR GAMBAR.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI_4201419056.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of SK PEMBIMBING_4201419056.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK PEMBIMBING_4201419056.pdf] PDF - Published Version
Download (237kB)
[thumbnail of SK PENGUJI_4201419056.pdf] PDF - Published Version
Download (223kB)
[thumbnail of NOTA PEMBELIAN BUKU.pdf] PDF - Published Version
Download (229kB)
[thumbnail of ARTIKEL_SAIFULANA P. D.W._PENGEMBANGAN E-LKPD PRAKTIKUM BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA MATERI RESONANSI GELOMBANG BUNYI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy

Abstract

Media memiliki peranan penting dalam penyusunan bahan ajar yang dapat membantu tercapaianya tujuan pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif memanfaatkan perkembangan teknologi digital merupakan cara untuk membantu peserta didik memperoleh sumber belajar yang efektif khususnya pada materi pelajaran yang dianggap sulit seperti mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk e-LKPD praktikum dengan pendekatan guided inquiry berbantuan Liveworksheets pada materi resonansi gelombang bunyi. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 14 mahasiswa fisika dan 30 peserta didik SMA Negeri 1 Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, angket, observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah skor keseluruhan dari setiap aspek dan membandingkan total skor dengan kriteria pilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD memiliki kriteria berbasis sintaks model pembelajaran guided inquiry yang bersifat fillable dan dilengkapi dengan video materi dan panduan praktikum serta soal evaluasi. E-LKPD secara keseluruhan mendapat nilai dengan persentase sebesar 88,5% atau berada pada kriteria sangat layak. Hasil analisis respon peserta didik menunjukkan nilai dengan persentase sebesar 76% berada pada kriteria praktis. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata nilai sebesar 3,4 dan rata-rata post-test sebesar 8,2. Analisis terhadap nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai n-gain sebesar 0,73 dengan kriteria sangat tinggi, maka dapat disimpulkan bahwa e-LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran yang disampaikan berdasarkan penelitian ini yaitu setiap tahapan pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai sintaks model guided inquiry dan praktikum dilakukan secara bergantian atau di ruang berbeda sehingga pengamatan terhadap resonansi bunyi dapat dilakukan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, Guided Inquiry, Resonansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:18
Last Modified: 31 Oct 2023 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60547

Actions (login required)

View Item View Item