KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBANTUAN MEDIA LOOSEPARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG


NANIK SARI ASIH, 0108518007 (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BERBANTUAN MEDIA LOOSEPARTS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TK DI KECAMATAN NGALIYAN KOTA SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Thesis] PDF (Thesis)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektifitas model pembelajaran sentra berbantuan media looseparts dalam meningkatkan kreativitas dan kompetensi pedagogik guru TK serta perbedaan keduanya pada kelompok B usia 5-6 Tahun di kecamatan Ngaliyan kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan adalah kelompok pretest dan posttest group. Populasi penelitian yaitu seluruh guru Taman Kanak-kanak yang berada di kecamatan Ngaliyan. Sampel penelitian yaitu sebanyak 51 guru yang terbagi dalam 26 guru TK sebagai kelas eskperimen 1 dan 25 guru TK sebagai kelas eskperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan skala. Observasi dan skala dilakukan untuk mengamati sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Simpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran sentra berbantuan media looseparts lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas guru dibanding meningkatkan kompetensi pedagogiknya. Dimana skor posttest mengalami peningkatan daripada skor pretest. Ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen 1 sebesar 83.04 dan kelompok eksperimen 2 dengan rata-rata skor sebesar 79.12 dengan selisih sebesar 3,92. Peneliti sangat berharap akan ada penelitian lanjutan tentang media looseparts dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: : Media Looseparts, Kreativitas dan Pedagogik.
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Anak Usia Dini, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Oct 2023 08:02
Last Modified: 27 Oct 2023 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60518

Actions (login required)

View Item View Item