Pengembangan Tes Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris (Kalibrasi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang)


Asa Bani Putria, 0106520018 (2023) Pengembangan Tes Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris (Kalibrasi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Masters thesis, UNNES.

[thumbnail of 0106520018_Asa Bani Putria (Cover-Daftar Isi).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[thumbnail of 0106520018_Asa Bani Putria (Lengkap).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 0106520018_Asa Bani Putria (Artikel).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Putria, Asa Bani. 2023. “Pengembangan Tes Keterampilan Membaca Teks Bahasa Inggris (Kalibrasi di Universitas Islam Sultan Agung Semarang)”. Tesis. Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Rudi Hartono, M.Pd., Pembimbing II Prof. Dr. Muhammad Khumaedi, M.Pd. Kata Kunci: instrumen tes, keterampilan membaca, teks bahasa Inggris Islami Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen tes keterampilan membaca teks bahasa Inggris Islami yang valid dan reliabel menurut para ahli dan uji di lapangan, dan mengetahui spesifikasi soal dalam instrumen tersebut. Metode penelitian ini didasarkan pada penelitian pengembangan dengan sepuluh tahap pengembangan oleh Mardapi. Model pengembangan tersebut dibagi dalam tiga tahap, yaitu tahap awal, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Validitas isi dilakukan oleh tiga ahli yang hasilnya dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Reliabilitas ahli dianalisis menggunakan uji Two Way Anova, yang kemudian dianalisis menggunakan rumus Hoyt. Validitas konstruk dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori. Hasil validitas isi menunjukkan bahwa instrumen tes memperoleh nilai ˃ 0,3 dengan skor rata-rata total sebesar 66 yang dapat dikategorikan baik dan ketiga validator setuju dengan penilaian tersebut. Pembuktian validitas konstruk menunjukkan bahwa terdapat tiga butir soal dengan nilai korelasi kurang dari 0,5 sehingga tidak dapat dianalisis lebih lanjut yaitu butir soal nomor 10, 29, dan 39. Hasil KMO pada uji instrumen setelah mengeluarkan ketiga butir yang tidak valid menunjukkan nilai MSA sebesar 0,873 dan signifikansi uji Bartlett sebesar <0,001. Data tersebut menunjukkan bahwa 47 butir soal dapat dianalisis ke tahap selanjutnya, yaitu analisis faktor. Hasil analisis faktor eksploratori menunjukkan bahwa ada 14 faktor yang berasal dari 47 butir soal. Nilai factor loading pada masing-masing faktor adalah ˃ 0,3 yang berarti semua item valid. Faktor-faktor tersebut adalah jenis teks, susunan/struktur teks, tujuan teks, detail informasi salah, ide pokok paragraf/teks, arti kata berdasarkan petunjuk struktural, referensi kata ganti, arti kata sulit dalam teks, detail informasi benar, judul teks, detail informasi tersirat, letak informasi spesifik, paragraf transisi, dan detail informasi tersurat. Faktor-faktor tersebut kemudian dijadikan sebagai spesifikasi soal dalam instrumen yang telah dikembangkan. Estimasi reliabilitas Cronbach's Alpha menghasilkan nilai 0,893 dan dapat dinyatakan reliabel. Hasil skor rata-rata uji di lapangan menunjukkan bahwa instrumen tes yang telah dikembangkan lebih efektif daripada instrumen tes yang sebelumnya digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa instrumen tes keterampilan membaca pemahaman teks bahasa Inggris yang dikembangkan valid, reliabel, dan layak digunakan. Penelitian ini menyarankan agar penyusun instrumen dapat menggunakan tema dan genre teks bahasa Inggris Islami yang lebih luas dan beragam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: instrumen tes, keterampilan membaca, teks bahasa Inggris Islami
Subjects: L Education > Educational Institutions
Fakultas: Pasca Sarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, S2
Depositing User: Mahasiswa Pascasarjana UNNES
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:11
Last Modified: 26 Oct 2023 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60489

Actions (login required)

View Item View Item