Desain E-Modul Sistem Koloid yang Beriorientasi Chemo-Enterpreneurship Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha dan Hasil Belajar Siswa


Ayu Hanifah Anggraeni, 4301418091 (2023) Desain E-Modul Sistem Koloid yang Beriorientasi Chemo-Enterpreneurship Guna Menumbuhkan Minat Berwirausaha dan Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of SK Pembimbing.pdf] PDF - Published Version
Download (306kB)
[thumbnail of Surat Undangan Ujian.pdf] PDF - Published Version
Download (178kB)
[thumbnail of Struk Pembelian Sumbangan Buku_Ayu Hanifah 4301418091.pdf] PDF - Published Version
Download (242kB)
[thumbnail of ARTIKEL_Ayu Hanifah 4301418091.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (515kB) | Request a copy
[thumbnail of Cover Skripsi sampai Daftar Isi.pdf] PDF - Published Version
Download (647kB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP_Ayu Hanifah 4301418091.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Di era sekarang ini, penggunaan media sangat mempengaruhi pembelajaran. untuk meningkatkan hasil belajar siswa, perlu adanya inovasi dalam stategi pembelajaran. salah satunya yaitu pemanfaatan dan pemberdayaan e-modul. E-modul dapat memfasilitasi siswa dalam belajar mandiri. Pada penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat penganggurannya yang tinggi. Selain sekolah kejuruan, siswa SMA/MA juga membutuhkan Pendidikan kewirausaan. Pendidikan kewirausahaan dapat diintegrasikan ke dalam e-modul pembelajaran siswa sehingga dapat dipelajari secara mandiri dirumah. Terciptanya sumber belajar yang menarik dengan e-modul ini salah satu upaya untuk memotivasi siswa belajar kimia. Rancangan e-modul dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan pembelajaran pembuatan produk bernilai kewirausahaan kimia sehingga dihasilkan e-modul pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development. Desain ini menggunakan desain yang diadaptasi dari model pengembangan 4D dari Thiagarajan. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi dalam pembelajaran kimia yang mampu menumbuhkan minat wirausaha dan meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MAN 5 Cirebon. Uji coba skala kecil dilakukan pada kelas XI IPA 2 sebanyak 12 siswa dan uji coba skala besar dilakukan pada kelas XI IPA 1 sebanyak 23 siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentuan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa e-modul memperoleh rerata skor validasi sebesar 3,34 sehingga dinyatakan layak, e-modul dinyatakan efektif karena penumbuhan minat wirausaha siswa dalam kriteria tinggi dengan skor 2,93 dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 0,59 dalam kriteria sedang. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan mendapat respon baik dari penggunanya.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa e-modul sistem koloid berorientasi chemo-entrepreneurship (CEP) dinyatakan valid, efektif, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang mampu meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan minat wirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Chemo-Enterpreneurship, dan Sistem Koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Mahasiswa FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2023 06:50
Last Modified: 25 Oct 2023 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/60480

Actions (login required)

View Item View Item